Pfizer Minta Regulator AS Sahkan Dosis Ketiga Vaksinasi

Vaksin buatan Pfizer dianggap efektif hadapi varian delta

Washington, D.C, IDN Times - Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Pfizer, meminta regulator Amerika Serikat untuk mengesahkan pemberian dosis ketiga vaksin pada hari Kamis, 8 Juli 2021, waktu setempat. Vaksin buatan Pfizer dianggap efektif dalam menghadapi varian Delta, varian COVID-19 yang ditemukan di India. Bagaimana awal ceritanya?

1. Pfizer bersama BioNTech mulai merancang vaksin secara khusus  

Pfizer Minta Regulator AS Sahkan Dosis Ketiga VaksinasiIlustrasi pemberian vaksin COVID-19. (Pixabay.com/kfuhlert)

Dilansir dari The Guardian, Pfizer berencana meminta regulator Amerika Serikat untuk mengesahkan dosis ketiga vaksin COVID-19 dalam bulan Agustus 2021 ini. Pengumuman itu didasarkan pada bukti risiko infeksi ulang yang lebih besar 6 bulan setelah vaksinasi dan karena penyebaran varian Delta yang sangat menular dibandingkan varian asli COVID-19. Menurut petugas ilmiah Pfizer, Mikael Dolsten, mengatakan bahwa perusahaan farmasi Amerika Serikat bersama mitranya asal Jerman, BioNTech, mulai merancang versi vaksin mereka secara khusus untuk memerangi varian Delta yang sangat menular.

Namun, perusahaan tidak berpikir mereka perlu mengganti versi saat ini dari suntikan mereka yang sangat sukses. Dua dosis dari sebagian besar vaksin sangat penting untuk mengembangkan antibodi penangkal virus tingkat tinggi terhadap semua versi COVID-19, bukan hanya varian Delta dan sebagian besar dunia masih putus asa untuk mendapatkan dosis perlindungan awal itu karena pandemi masih terus menghantam dunia sampai saat ini. Tetapi antibodi secara alami berkurang seiring waktu, jadi penelitian juga sedang dilakukan untuk mengetahui apakah dan kapan dosis ketiga diperlukan.

2. Dolsten menunjuk data dari Inggris dan Israel dalam referensi penggunaan vaksin Pfizer 

Pfizer Minta Regulator AS Sahkan Dosis Ketiga VaksinasiIlustrasi vaksin COVID-19. (Pixabay.com/HakanGERMAN)

Baca Juga: Kenali Virus Corona Varian Delta yang Bermutasi Jadi 'Delta Plus'

Dolsten menunjuk data dari Inggris dan Israel yang menunjukkan vaksin buatan Pfizer menetralisir varian Delta dengan sangat baik. Asumsinya adalah ketika antibodi turun cukup rendah, varian Delta pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi ringan sebelum sistem kekebalan menyerang kembali. Tetapi otorisasi Food & Drug Administration hanya akan menjadi langkah pertama, itu tidak akan secara otomatis berarti orang Amerika Serikat mendapatkan vaksin ketiga, memperingatkan seorang ahli vaksin dari Vanderbilt University Medical Center, Dr. William Schaffner. Otoritas kesehatan masyarakat harus memutuskan apakah mereka benar-benar dibutuhkan, terutama karena jutaan orang tidak memiliki perlindungan.

Saat ini, hanya sekitar 48 persen dari populasi Amerika Serikat yang divaksinasi sepenuhnya dan beberapa negara bagian memiliki tingkat vaksinasi yang jauh lebih rendah, tempat varian Delta melonjak. Pada hari yang sama, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Dr. Rochelle Walensky, mengatakan bahwa itu mengarah pada dua kebenaran, petak-petak yang sangat diimunisasi di Amerika Serikat kembali normal sementara rawat inap meningkat di tempat lain. Beberapa pekan yang lalu, varian Delta menyumbang lebih dari seperempat kasus baru di Amerika Serikat, tetapi saat ini menyumbang lebih dari 50 persen dan di beberapa tempat, seperti bagian dari Midwest, sebanyak 80 persen.

3. Para peneliti dari Pasteur Institute di Prancis melaporkan bukti baru mengenai vaksinasi penuh

Pfizer Minta Regulator AS Sahkan Dosis Ketiga VaksinasiIlustrasi vaksinasi global. (Pixabay.com/neelam279)

Di hari yang sama, para peneliti dari Pasteur Institute di Prancis telah melaporkan bukti baru mengenai vaksinasi penuh yang dinilai saat penting. Dalam tes laboratorium, darah dari beberapa lusin orang yang diberi dosis pertama vaksin buatan Pfizer atau AstraZeneca hampir tidak menghambat varian Delta. Tetapi berminggu-minggu setelah mendapatkan dosis kedua mereka, hampir semua memiliki apa yang oleh para peneliti dianggap sebagai dorongan kekebalan yang cukup kuat untuk menetralkan varian Delta, bahkan jika itu sedikit kurang kuat dibandingkan melawan versi virus sebelumnya.

Para peneliti dari Prancis juga menguji orang-orang yang tidak divaksinasi yang selamat dari serangan COVID-19 serta menemukan antibodi mereka 4 kali lebih kuat dalam melawan mutan baru. Tetapi dosis vaksin tunggal secara dramatis meningkatkan tingkat antibodi mereka, memicu perlindungan silang terhadap varian Delta dan dua mutan lainnya. Itu mendukung rekomendasi kesehatan masyarakat agar para korban COVID-19 divaksinasi dibandingkan mengandalkan kekebalan alami. Eksperimen laboratorium menambah data dunia nyata bahwa mutasi varian Delta tidak menghindari vaksin yang paling banyak digunakan di negara-negara Barat, tetapi menggarisbawahi bahwa penting untuk mendapatkan lebih banyak imunisasi di dunia sebelum virus berkembang lebih jauh.

Para peneliti di Inggris menemukan dua dosis vaksin Pfizer, misalnya 96 persen protektif terhadap rawat inap dengan varian Delta dan 88 persen efektif melawan infeksi simtomatik. Temuan itu digaungkan akhir pekan lalu oleh para peneliti di Kanada, sementara sebuah laporan dari Israel menyarankan perlindungan terhadap infeksi varian Delta ringan mungkin turun lebih rendah menjadi 64 persen.

Baca Juga: Varian Delta Menyebar Cepat, Menkes Minta 7 Provinsi Ini Waspada

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya