Sebanyak 1 Orang Tewas & 12 Orang Dilarikan ke RS Akibat Overdosis

Mereka kemungkinan alami overdosis penggunaan fentanyl

California, IDN Times - Sebuah kejadian overdosis terjadi di California, dimana menyebabkan sebanyak 1 orang tewas dan 12 orang lainnya langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Mereka kemungkinan mengalami overdosis akibat penggunaan obat fentanyl. Bagaimana awal ceritanya?

1. Kejadian ini terjadi pada hari Sabtu waktu setempat

Sebanyak 1 Orang Tewas & 12 Orang Dilarikan ke RS Akibat Overdosistwitter.com/toubib4280

Dilansir dari Buzzfeednews.com, sekitar 1 orang dilaporkan tewas dan 12 orang lainnya dilarikan ke rumah sakit akibat overdosis yang terjadi di California pada hari Sabtu, 12 Januari 2019, lalu. Kejadian tersebut berawal dari sebuah panggilan ke angka 911 setelah kejadian itu. Pihak kepolisian menduga penyebab mereka overdosis berasal dari obat fentanyl.

"Setiap indikasi adalah bahwa insiden overdosis massal ini disebabkan oleh konsumsi beberapa bentuk fentanyl dalam kombinasi dengan beberapa zat lain, meskipun itu belum dapat dikonfirmasi," ungkap Kepala Kepolisian setempat, Mike O'Brien seperti yang dikutip dari Buzzfeednews.com

Petugas kepolisian memberikan CPR dan nalokson, pengobatan overdosis narkotika, di tempat kejadian terhadap para korban. "Itu pasti akan jauh lebih buruk tanpa respons dan pengeluaran nalokson oleh petugas kepolisian Chico," ungkap pernyataan tambahan Mike O'Brien yang dikutip dari Buzzfeednews.com.

2. Salah satu ibu korban telah menerima kabar bahwa putranya masuk rumah sakit

Sebanyak 1 Orang Tewas & 12 Orang Dilarikan ke RS Akibat Overdosistwitter.com/cnnbrk

Salah satu ibu korban telah mendapatkan kabar bahwa putranya masuk ke dalam daftar korban overdosis obat-obatan dan saat ini sedang dirawat di rumah sakit. "Mereka sekarat. Ini tidak peduli siapa kamu, tidak peduli kamu kelas berapa.

"Tidak peduli siapa kamu. Itu akan membunuhmu. Beberapa dari anak-anak ini adalah mahasiswa dengan masa depan yang cerah di depan mereka," ungkap seorang ibu korban yang tidak diketahui namanya ini seperti yang dikutip dari Buzzfeednews.com.

Kepala Pemadam Kebakaran Chico, Steve Sandbridge, mengatakan pada konferensi pers bahwa belum jelas apakah obat-obatan yang terkontaminasi ini berasal dari batch yang sama yang juga menyebabkan overdosis massal. Kasus overdosis ini sebelumnya juga pernah terjadi pada tahun 2016 lalu, tepatnya di Huntington, Virginia Barat, Amerika Serikat, di mana sebanyak 26 orang mengalami overdosis obat fentanyl hanya dalam waktu beberapa jam. 

Hingga tahun 2017 lalu, overdosis akibat obat-obatan terlarang telah membunuh sekitar lebih dari 70.000 orang di Amerika Serikat. Antara 1979 hingga 2016 lalu, sebanyak 600.000 orang di seluruh dunia meninggal akibat overdosis. Fentanyl dan zat-zat serupa merupakan jenis obat yang lebih banyak membunuh orang di Amerika Serikat dengan jumlahnya mencapai 25.000 orang pada tahun 2017.

3. Penjelasan mengenai obat fentanyl dan dampak bahayanya

Sebanyak 1 Orang Tewas & 12 Orang Dilarikan ke RS Akibat Overdosistwitter.com/GMA

Dilansir dari Hellosehat.com, obat fentanyl adalah obat psikoaktif sintetik yang umum digunakan untuk mengendalikan rasa nyeri saat pembedahan dan nyeri pasca pembedahan. Biasanya, para dokter memberikan resep obat ini kepada pasien kanker dan nyeri kronis yang tidak toleran terhadap opiat lain, seperti morfin atau heroin atau juga beberapa obat penghilang rasa nyeri lainnya tidak bekerja secara efektif.

Dampak dari penggunaan obat fentanyl secara ilegal dapat menyebabkan pusing dan kepala berkunang-kunang, mulut kering, retensi urin, penekanan pernapasan, sembelit parah, ruam atau gatal-gatal merah, mual dan muntah, kehilangan selera makan, badan menjadi kurus, sakit kepala, gangguan penglihatan, depresi, halusinasi, mimpi buruk, sulit tidur, berkeringat, gemetar, dan tangan serta kaki bengkak.

Baca Juga: Buka-Bukaan, Buffon Akui Dirinya Pernah Gunakan Narkoba

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya