Sebuah Helikopter Penyelamat Terjatuh, 4 Orang Awak Dilaporkan Tewas

Helikopter itu sedang menjalani misi penyelamatan

Dubai, IDN Times - Sebuah kecelakaan yang terjadi dialami oleh helikopter penyelamat para korban dilaporkan terjatuh dan menyebabkan 4 orang awak tewas. Padahal, helikopter ini sedang menjalankan misi penyelamatan. Bagaimana awal ceritanya?

1. Sebelumnya, helikopter itu terlihat berputar-putar dan terbakar di sekitar lereng gunung

Sebuah Helikopter Penyelamat Terjatuh, 4 Orang Awak Dilaporkan Tewastwitter.com/bestgug

Dilansir dari BBC, sebuah helikopter penyelamat para korban bencana jatuh di dekat zipline terpanjang di dunia, tepatnya di Uni Emirat Arab. Akibatnya, sebanyak 4 orang awak dilaporkan tewas atas kejadian ini. Helikopter Agusta 139 ini padahal sedang dalam misi penyelamatan di Jebel Jais, sebuah gunung yang ada di emirat Ras Al Khaimah pada hari Sabtu, 29 Desember 2018, lalu.

Dalam sebuah rekaman yang beredar, helikopter tersebut sebelum mengalami kecelakaan sempat berputar-putar dan terbakar di sekitar lereng gunung. Salah satu media setempat mengatakan bahwa salah satu kabel mengenai kabel lainnya sebelum berputar di luar kendali. Otoritas pariwisata mengatakan kepada salah satu media lokal bahwa mereka tidak dapat mengomentari masalah ini saat penyelidikan yang diperintahkan oleh Sheikh Saud bin Saqr Al Qasimi, penguasa Ras Al Khaimah sedang berlangsung.

2. Diantara korban tewas, terdapat 1 korban berasal dari luar Uni Emirat Arab

Sebuah Helikopter Penyelamat Terjatuh, 4 Orang Awak Dilaporkan Tewastwitter.com/PkThebusiness

Pusat Pencarian dan Penyelamatan Nasional mengidentifikasi kedua pilot yang menjadi korban tewas bernama Saqr Saeed Mohamed Abdullah Al Yamahi dan Hameed Mohamed Obaid Al Zaabi, sedangkan 2 orang lainnya bernama Jasim Abdullah Ali Tunaiji yang bertugas sebagai navigator dan Mark Roxbourgh, satu-satunya korban tewas yang berasal dari luar Uni Emirat Arab (tepatnya Afrika Selatan), yang bertugas sebagai paramedis.

Bagi keluarga, Roxbourgh dikenal sebagai seorang ayah tunggal bagi seorang anak yang masih belia. Media sosial milik Roxbourgh dipenuhi dengan komentar turut berbelasungkawa, tak ketinggalan termasuk warga Uni Emirat Arab. 

3. Usai insiden tersebut, tempat kejadian zipline ini ditutup untuk sementara

Sebuah Helikopter Penyelamat Terjatuh, 4 Orang Awak Dilaporkan Tewastwitter.com/GanaAdhikar

Usai insiden kecelakaan helikopter, tempat kejadian yang merupakan zipline terpanjang di dunia ini untuk sementara ditutup hingga waktu yang belum ditentukan. Sebelumnya, tempat ini baru saja dibuka pada bulan Februari 2018 lalu, dimana panjangnya mencapai 2,83 km atau setara dengan 1,76 mil. Pernyataan resmi ini disampaikan oleh pihak pengelola zipline tersebut.

"Toroverde Ras Al Khaimah menyesalkan sebuah laporan bahwa ada insiden yang sangat serius di gunung itu, dan karena insiden inilah Taman Gunung Jebel Jais dan jalan akses telah ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut, untuk memberikan layanan darurat akses yang mereka butuhkan," ungkap pihak pengelola tempat tersebut seperti yang dikutip dari BBC.

Baca Juga: Gubernur Puebla, Meksiko Dilaporkan Tewas Akibat Kecelakaan Helikopter

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya