Terjadi Pemberontakan, Presiden Burkina Faso Ditahan Militer

Sebelumnya terjadi serangan militer di sekitar kediamannya

Ouagadougou, IDN Times - Presiden Burkina Faso, Roch Kabore, dikabarkan telah ditahan militer setempat pada Minggu (23/1/2022) waktu setempat setelah sebelumnya terjadi serangan pemberontakan. Peristiwa itu sendiri terjadi di sekitar kediamannya menyusul adanya baku tembak.

1. Beberapa kendaraan berlapis baja terlihat di dekat kediaman Presiden

Dilansir dari BBC, Presiden Burkina Faso dikabarkan telah ditahan oleh para pasukan militer yang memberontak.

Beberapa tentara di negara Afrika Barat itu telah menuntut pemecatan kepala militer setempat dan lebih banyak sumber daya untuk memerangi militan Islam.

Suara tembakan telah terdengar semalaman di dekat Istana Presiden dan di barak di
Ouagadougou, ibu kota Burkina Faso.

Beberapa kendaraan lapis baja armada kepresidenan yang dipenuhi peluru terlihat di dekat
kediaman Presiden Burkina Faso pada Senin (24/1/2022) pagi waktu setempat.

Saat ini, Kabore telah ditahan di sebuah kamp militer oleh tentara yang memberontak. Tak
hanya itu, para pasukan militer juga mengepung markas televisi negara setempat.

Sebanyak ratusan warga telah keluar untuk mendukung militer meskipun jam malam yang sudah diberlakukan pemerintah setempat. Beberapa dari mereka di antaranya membakar markas partai yang berkuasa di rezim ini.

2. Sebagian besar warga Burkina Faso menyerukan Kabore mundur dari jabatannya

Baca Juga: Militer Burkina Faso Gulingkan Presiden Roch Kabore

Pemberontakan yang terjadi selama seharian penuh setelah gerakan protes terbaru yang
menyerukan pengunduran diri Kabore dari jabatannya karena kemarahan telah meningkat atas penanganan pemerintah Burkina Faso terhadap kelompok pemberontakan.

Para demonstran anti-pemerintah memberikan dukungan publik kepada tentara yang memberontak, mendorong pasukan keamanan menggunakan gas air mata untuk membubarkan massa di Ouagadougou.

Blok regional Afrika Barat yang dikenal sebagai ECOWAS, yang telah menangguhkan Mali dan Guinea dalam 18 bulan terakhir karena kudeta militer, mengeluarkan pernyataan dukungan untuk Presiden Burkina Faso dan mendesak adanya dialog dengan para pemberontak.

Menteri Pertahanan Burkina Faso, Aime Barthelemy Simpore, mengatakan bahwa beberapa barak telah terkena dampak kerusuhan yang terjadi tidak hanya di Ouagadougou tetapi juga terjadi di beberapa kota lainnya.

Sebuah sumber utama setempat menggambarkan tembakan tersebut sebagai tindakan kekecewaan oleh para tentara setempat.

3. Sekitar awal Januari 2022 lalu, pihak berwenang telah menangkap sekelompok tentara yang dituduh merencanakan kudeta

Terjadi Pemberontakan, Presiden Burkina Faso Ditahan MiliterSituasi kekacauan yang terjadi di Burkina Faso dalam beberapa minggu terakhir ini. (Twitter.com/ADFmagazine)

Kabore pertama kali menjabat sebagai Presiden Burkina Faso pada tahun 2015 lalu, dengan memenangkan Pemilu Presiden Burkina Faso yang diadakan setelah Presiden Burkina Faso sebelumnya, Blaise Compaore, digulingkan dalam pemberontakan rakyat.

Namun, Kabore telah menghadapi penentangan yang meningkat sejak kembali terpilih pada November 2020 lalu ketika krisis ekstremisme semakin dalam.

Bulan Desember 2021 lalu, Kabore memecat Perdana Menteri Burkina Faso dan menggantikan sebagian besar kabinet, tetapi para kritikus terus menyerukan pengunduran dirinya.

Para demonstran mengatakan sudah muak dengan kepemimpinan Kabore serta salah seorang demonstran bernama Aime Birba mengatakan kekerasan di bawah Kabore tidak seperti yang dialami di negaranya selama hampir tiga dekade terjadi.

Pada awal Januari 2022 lalu, pihak berwenang telah menangkap sekelompok tentara yang dituduh berpartisipasi dalam rencana kudeta yang gagal.

Belum diketahui apakah ada hubungan antara tentara itu dan orang-orang yang memimpin
pemberontakan pada Minggu waktu setempat.

Jaksa militer mengatakan sebanyak 9 tentara dan 2 warga sipil ditahan sehubungan dengan rencana tersebut.

Baca Juga: Warga Burkina Faso Gelar Demonstrasi Atas Aksi Pembantaian

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya