Walikota South Bend, Indiana Putuskan Maju Jadi Calon Presiden AS 2020

Jika terpilih, ia akan jadi presiden gay pertama di AS

Indiana, IDN Times - Walikota South Bend, Pete Buttigieg, akhirnya memutuskan maju sebagai salah satu calon Presiden Amerika Serikat tahun 2020 dengan bergabung di partai Demokrat. Ia akan mewujudkan sebagai Presiden Amerika Serikat gay pertama sepanjang sejarah. Bagaimana awal ceritanya?

1. Buttigieg membuat pengumuman dalam bentuk email ke para pendukungnya

Walikota South Bend, Indiana Putuskan Maju Jadi Calon Presiden AS 2020twitter.com/lad1056

Dilansir dari CNN, pejabat berusia 37 tahun ini memutuskan untuk maju sebagai calon Presiden Amerika Serikat tahun 2020 dan ia mengumumkan pada hari Rabu, 23 Januari 2019, waktu setempat. Pengumuman itu juga disampaikan lewat email kepada para pendukungnya dan dalam bentuk video yang diposting secara online di mana ia menjabarkan pesannya tentang perubahan generasi yang terpusat pada tiga nilai, yakni kebebasan, keamanan, dan demokrasi.

"Ada generasi baru suara yang muncul di negara kami, berjalan menjauh dari politik masa lalu dan siap untuk memenuhi prioritas kami. Tidak ada lagi di dunia nyata, itu bukan hal yang buruk.

"Kami siap untuk awal yang baru," ungkap pernyataan dari Pete Buttigieg dalam video itu seperti yang dikutip dari CNN. Argumen Buttigieg pada tahun 2020 adalah bahwa dia ingin melakukan hal yang sama untuk negara yang dia lakukan untuk South Bend, bahkan jika dia tahu kemungkinan melawannya, dan bahwa satu-satunya cara untuk mencapai perubahan seperti itu adalah melalui perubahan generasi dalam politik Amerika Serikat.

"Akan seperti apa Amerika pada tahun 2054, ketika saya mencapai usia presiden saat ini. Bagaimana kita akan melihat kembali pada tahun 2020?" ungkap pernytaaan tambahan dari Pete Buttigieg yang dikutip dari CNN

2. Sayangnya, nama Buttigieg masih belum dikenal secara luas

Walikota South Bend, Indiana Putuskan Maju Jadi Calon Presiden AS 2020twitter.com/CBSNews

Buttigieg, yang baru-baru ini mencalonkan diri sebagai ketua Komite Nasional Demokrat setelah Pemilihan Umum 2016 lalu, telah mengeksplorasi tawaran calon Presiden selama lebih dari setahun serta bergerak lebih dekat dengan perjalanan ke Iowa pada bulan Desember 2018 di mana ia diterima dengan baik oleh audiens progresif di Des Moines. Sayangnya, nama Buttigieg sendiri masih belum dikenal secara luas dan harus berjuang untuk memperoleh dukungan yang sangat luas. 

Dengan demikian, Buttigieg akan menghadapi beberapa calon lainnya yang juga berjuang mendapatkan tiket calon Presiden mewakili partai Demokrat, seperti senator Kamala Harris dari California, senator Kirsten Gillibrand dari New York, dan senator Elizabeth Warren dari Massachusetts. "Kami tidak akan menjadi yang paling mapan, kami tidak akan menjadi yang paling baik didanai, saya jelas tidak melangkah ke tahap ini sebagai orang yang paling terkenal dalam percakapan ini.

"Tapi saya milik sebuah partai yang karakteristiknya selalu mencari suara-suara segar, kepemimpinan baru dan ide-ide besar, dan saya pikir itulah yang akan terjadi pada 2020," ungkap pernyataan Buttigieg seperti yang dikutip dari CNN

3. Sebelumnya, Buttigieg merupakan lulusan Universitas Harvard

Walikota South Bend, Indiana Putuskan Maju Jadi Calon Presiden AS 2020twitter.com/RollingStone

Sebelum menjadi seperti sekarang, Buttigieg adalah lulusan dari Universitas Harvard dan merupakan mantan konsultan McKinsey yang tidak memiliki jabatan politik nasional. Sebelumnya, ia pernah bertugas dengan Naval Reserve di Afghanistan dan setelahnya mengakui secara publik bahwa dia adalah seorang gay. Ia tinggal bersama pasangannya, Chasten, dan dua anjing kesayangannya, Truman dan Buddy.

"Saya telah melayani kota saya sebagai walikota, saya telah melayani negara kami sebagai perwira milite, dan sekarang saya siap untuk cara baru untuk melayani rakyat Amerika," ungkap pesan dari Buttigieg seperti yang dikutip dari CNN. Ia juga merujuk pengalamannya yang kurang di dunia politik.

"Kami telah membentuk tim yang hebat. Kami tidak akan menjadi yang paling mapan, kami tidak akan menjadi yang paling baik didanai. Saya jelas tidak melangkah ke tahap ini sebagai orang paling terkenal dalam percakapan ini.

"Tapi saya mengikuti pesta demokrasi yang karakteristiknya selalu mencari suara-suara segar, kepemimpinan baru, dan ide-ide besar dan saya pikir itulah yang akan terjadi pada tahun 2020," ungkap pernyataan Buttigieg usai mengumumkan sebagai calon Presiden Amerika Serikat yang dikutip dari CNN.

Baca Juga: Kirsten Gillibrand Resmi Kampanye Jadi Calon Presiden AS 2020

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya