Ganja Kini Legal Dikonsumsi di Kanada

Undang-undangnya baru saja lolos jajak pendapat di parlemen

Ottawa, IDN Times - Kanada dilaporkan baru saja meloloskan rencana undang-undang legalisasi penggunaan ganja menjadi undang-undang, Selasa (19/6/2018) waktu setempat. The Cannabis Act, tajuk rencana undang-undang itu, memperoleh suara mayoritas di parlemen yaitu 52 suara mendukung, melawan 29 suara menolak.

The Cannabis Act adalah beleid yang mengatur bagaimana tanaman yang bernama latin cannabis sativa ini tumbuh, didistribusikan, dijual dan digunakan.

Orang-orang di Kanada sendiri paling cepat bisa membeli ganja secara legal pada bulan September mendatang.

1. Negara kedua yang melegalkan ganja untuk rekreasi

Ganja Kini Legal Dikonsumsi di KanadaCBC News

BBC (20/6/2018) melaporkan, lolosnya The Cannabis Act dalam jajak pendapat di parlemen Kanada membuat negara berjuluk Pecahan Es ini menjadi negara kedua yang melegalkan penggunaan narkoba (ganja) dengan tujuan rekreasi.

Uruguay, diketahui menjadi negara pertama yang melegalkan penjualan ganja untuk penggunaan rekreasi pada Desember 2013 lalu. Amerika Serikat sendiri belum melegalkan penggunaan ganja untuk tujuan komersial.

Walau begitu, sejumlah negara bagian di Negeri Paman Sam itu telah memberikan izin.

2. Anak-anak mudah mendapatkan ganja

Terkait lolosnya The Cannabis Act menjadi undang-undang, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan dalam akun Twitter-nya, bahwa sampai sekarang, "sudah terlalu mudah bagi anak-anak kita untuk mendapatkan ganja - dan bagi penjahat untuk meraup untung."

Pemerintah Kanada sendiri memberi waktu kepada seluruh provinsi dan kota-kota, delapan hingga 12 minggu untuk mendirikan pasar ganja. Jangka waktu itu juga akan digunakan aparat penegak hukum untuk mempersiapkan kerangka hukum yang baru.

3. Tetap ada batasan yang tegas

Ganja Kini Legal Dikonsumsi di KanadaNational Post

Walau undang-undang penggunaan ganja untuk tujuan bersenang-senang bakal diterapkan dalam waktu dekat, tetap ada batasan-batasan dalam penggunaannya.

The New York Times mewartakan, batasan-batasan itu antara lain adalah peraturan yang ketat pada iklan-iklan ganja. Kemudian, produk yang dijual dalam kemasan wajib menyematkan peringatan kesehatan.

Sementara produk olahan ganja lain yang dapat dimakan akan tetap dilarang.

Lalu, usia minimum pengguna ganja adalah 18-19 tahun dengan masing-masing provinsi yang berwenang untuk membuat keputusan batasan umur itu. Asosiasi Medis Kanada sendiri telah merekomendasikan usia minimal 21 tahun untuk mendapatkan ganja secara legal.

Dian Farida Hanum Photo Verified Writer Dian Farida Hanum

Bismillah...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya