India Dinobatkan sebagai Negara Paling Berbahaya Dunia bagi Perempuan

Wah, hati-hati girls yang mau liburan ke sana sendirian

London, IDN Times - India baru saja dilaporkan mendapat gelar sebagai negara paling berbahaya di dunia bagi perempuan dari lembaga survei independen Thompson Reuters Foundation, Selasa (26/6/2018).

Sebanyak 550 ahli isu perempuan di dunia menyatakan bahwa Negeri Mahabarata itu memiliki risiko tinggi terhadap perempuan karena banyaknya kasus perdagangan manusia, kekerasan dan perbudakan seksual hingga pernikahan dan kerja paksa.

1. Meningkatnya jumlah kekerasan

India Dinobatkan sebagai Negara Paling Berbahaya Dunia bagi PerempuanTimes of India

Cable News Network (CNN) mewartakan, India juga merupakan negara yang paling berbahaya di dunia untuk tradisi dan budaya yang berdampak pada wanita. Survei Thompson Reuters Foundation itu menemukan, adanya mutilasi kelamin pada perempuan, perkawinan anak-anak dan kekerasan fisik.

Laporan itu dirilis menyusul tengah meningkatnya kemarahan publik di India di mana serangkaian kasus pemerkosaan, termasuk dua serangan terhadap perempuan berusia 16 dan delapan tahun terjadi, dan telah memaksa isu kekerasan seksual kembali menjadi agenda nasional.

2. Demonstrasi terbesar sejak 2012

India Dinobatkan sebagai Negara Paling Berbahaya Dunia bagi PerempuanHindustan Times

Sebelumnya pada bulan April, ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan untuk menuntut perlindungan yang lebih baik bagi perempuan. Demonstrasi itu merupakan demonstrasi massa terbesar sejak kasus pemerkosaan dan pembunuhan seorang mahasiswi di New Delhi pada tahun 2012 lalu.

Setelah kasus 2012 itu mencuat, pemerintah pusat bergerak dengan mengesahkan undang-undang yang meningkatkan hukuman atas kekerasan seksual, pemerkosaan dan pelecehan seksual, termasuk memperpanjang hukuman penjara dan memperkenalkan hukuman mati.

Tetapi, meskipun undang-undang yang lebih tegas diberlakukan, masih terdapat sekitar 100 serangan seksual yang dilaporkan ke polisi setiap hari.

3. Amerika Serikat masuk 10 besar

India Dinobatkan sebagai Negara Paling Berbahaya Dunia bagi PerempuanThompson Reuters Foundation

Sementara itu, New Delhi Televison menambahkan, Afganistan dan Suriah yang tengah dilanda peperangan, menduduki peringkat kedua dan ketiga dalam survei Thomson Reuters Foundation itu, sementara Somalia dan Arab Saudi berada di posisi keempat dan kelima.

Satu-satunya negara barat yang berada di posisi 10 besar negara paling berbahaya bagi perempuan adalah Amerika Serikat, yang menempati peringkat ke-10. Amerika Serikat dinilai sebagai negara di mana perempuan paling berisiko mengalami kekerasan seksual, pelecehan dan dipaksa melakukan hubungan seks.

Dian Farida Hanum Photo Verified Writer Dian Farida Hanum

Bismillah...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya