Tragis, 18 Orang Tewas Tertimpa Jembatan Layang yang Ambruk

Peristiwa serupa juga pernah terjadi

Varanasi, IDN Times - Sebanyak 18 orang diketahui tewas dan 12 lainnya luka-luka setelah tertimpa sebuah jembatan layang (Flyover) yang ambruk di Kota Varanasi, Provinsi Uttar Pradesh, India, Selasa (15/5/2018) waktu setempat.

"Delapan belas jenazah telah ditemukan sejauh ini oleh tim kami. Tujuh tim dari NDRF (Pasukan Tanggap Bencana Nasional) terlibat dalam operasi penyelamatan yang sedang berlangsung," kata seorang penjabat di ruang kendali bencana kepada AFP, seperti yang dikutip Mail Online.

1. Satu tiang penyangga runtuh

Tragis, 18 Orang Tewas Tertimpa Jembatan Layang yang AmbrukTwitter.com/tv9gujarati

Seorang saksi mata di tempat kejadiaan perkara mengatakan, peristiwa tragis itu bermula ketika tiang penyangga dari jembatan layang yang masih dalam tahap pembangunan, runtuh dan menghancurkan bus dan mobil yang melintas di bawahnya.

"Saya berada di dekat jalan layang ketika ambruk. Setidaknya empat mobil, sebuah becak dan sebuah minibus terlindas di bawahnya," kata saksi itu kepada wartawan.

Daily Star melaporkan, tiang penyangga yang ambruk di kota yang banyak dikunjungi oleh peziarah dan turis itu memiliki tinggi 20 meter. Tujuh alat berat telah dikirim untuk mengangkat balok beton. Pihak militer pun dilibatkan dalam proses evakuasi.

2. Sikap perdana menteri India

Tragis, 18 Orang Tewas Tertimpa Jembatan Layang yang AmbrukTwitter.com/narendramodi

Sementara itu, Perdana Menteri India, Narendra Modi mengungkapkan keprihatinannya atas hilangnya nyawa korban. Dirinya telah meminta para penjabat negara untuk memberikan semua dukungan sumber daya bagi mereka yang terkena dampak.

"Saya sangat sedih karena kehilangan nyawa akibat runtuhnya jembatan konstruksi di Varanasi," ungkap Modi di akun Twitter-nya.

3. Peristiwa serupa sebelumnya

Tragis, 18 Orang Tewas Tertimpa Jembatan Layang yang AmbrukFlyover Kolkata yang ambruk pada 2016Twitter.com/ndtv

Sebelumnya, media BBC melaporkan, tragedi serupa pernah terjadi pada tahun 2016. Ketika itu, sebanyak 26 orang tewas dan 100 lainnya luka-luka di Kota Kolkata, setelah bagian dari jembatan layang sepanjang 100 meter, ambruk ke jalan.

Banyak kalangan di India yang menduga, seringnya terjadi kecelakaan konstruksi di negeri Barata ini akibat dari penggunaan material di bawah standar, dan tidak sesuai dengan rencana pembangunan.

Dian Farida Hanum Photo Verified Writer Dian Farida Hanum

Bismillah...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya