Perdana Menteri Malaysia Tunjuk Pemuda 25 Tahun sebagai Menteri

Dia menjadi menteri termuda sepanjang sejarah Negeri Jiran

Kuala Lumpur, IDN Times - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Muhammad dilaporkan baru saja meresmikan pembentukan kabinet pemerintahannya, Senin (2/7/2018). Mahatir diketahui telah menunjuk seorang pemuda 25 tahun dan seorang insinyur 35 tahun, masuk di antara 14 pos kabinetnya.

Pembentukkan kabinet ini diharapkan dapat menstabilkan pemerintahan, setelah hampir dua bulan Mahathir memimpin aliansi empat partai untuk menggulingkan koalisi Front Nasional, yang telah memegang kekuasaan sejak kemerdekaan Malaysia dari Inggris pada tahun 1957.

1. Termuda yang pernah menjabat menteri

Perdana Menteri Malaysia Tunjuk Pemuda 25 Tahun sebagai MenteriTwitter.com/SyedSaddiq

South China Morning Post melaporkan, adalah Syed Saddiq Abdul Rahman, seorang sarjana hukum berusia 25 tahun yang menjadi menteri termuda itu. Dia diketahui menjabat sebagai ketua dari organisasi pemuda partai pimpinan Mahathir.

Saddiq sendiri diangkat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Hal itu membuatnya menjadi yang termuda yang pernah diangkat sebagai penjabat di kabinet.

Sementara itu, menteri muda lainnya adalah seorang insinyur Yeo Bee Yin yang berusia 35 tahun. Dia menjabat sebagai menteri yang membidangi energi, teknologi hijau, ilmu pengetahuan dan perubahan iklim.

2. Sepatu besar untuk diisi

Media Malaysia, Malaysian Digest menambahkan, Syed Saddiq yang merupakan lulusan jurusan hukum dari International Islamic University Malaysia (IIUM) itu lantas menanggapi ucapan selamat dari warganet Malaysia dengan ucapan terima kasih, seraya berkomentar bahwa ia memiliki sepatu besar untuk diisi.

"Saya memiliki sepatu besar untuk diisi. Mari terus bekerja sama untuk mengangkat dan menjunjung tinggi suara kaum muda tanpa memandang agama, ras atau afiliasi politik," Saddiq melalui akun Twitter-nya.

“Setiap orang memiliki tempat untuk membangun kembali Malaysia tercinta kami,” tambahnya.

3. Wakil PM dari seteru politik

Perdana Menteri Malaysia Tunjuk Pemuda 25 Tahun sebagai MenteriWan Azizah Wan IsmailTwitter.com/drwanazizah

Sementara itu, Wakil Mahathir Muhammad dalam pemerintahannya kali ini adalah Wan Azizah Wan Ismail yang merupakan istri dari politikus Anwar Ibrahim. Dengan demikian, Wan Azizah menjadi wakil perdana menteri Malaysia wanita pertama di Negeri Jiran.

Pemerintah Mahatir kali ini dipandang sebagai masa transisi, sejak Mahathir setuju untuk menyerahkan kekuasaan kepada Anwar Ibrahim dalam dua tahun di bawah pakta pemilihan, setelah dua mantan musuh mengubur perseteruan dua dekade mereka.

Dian Farida Hanum Photo Verified Writer Dian Farida Hanum

Bismillah...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya