Comscore Tracker

5 Krisis yang Terjadi di Dunia Selama Akhir Tahun 2020

Masalah belum berakhir

Akhir tahun banyak digunakan orang untuk bersantai dengan keluarga. Namun, situasi pandemi mengubah segalanya. Tak sedikit yang tak bisa berkumpul dengan keluarga dan harus tetap bekerja di garis depan. Parahnya,  masalah juga belum selesai. Ada setidaknya lima krisis yang terjadi sepanjang libur akhir tahun 2020. 

1. Ledakan Nashville 

Tepat di pagi Natal (25/12), sebuah mobil van putih tampak terparkir di pinggir jalan pusat pertokoan kota Nashville, Amerika Serikat. Diikuti sebuah peringatan audio dari dalam mobil mencurigakan tersebut yang memberi peringatan pada pelintas bahwa sebuah bom akan meledak. Ledakan tersebut nyata adanya dan melukai beberapa orang serta merusak puluhan bangunan.

Dilansir dari CNN, hingga kini kepolisian setempat masih melakukan penyelidikan, tetapi telah mengeluarkan pernyataan bahwa ledakan ini bukanlah kecelakaan melain sengaja dilakukan untuk meneror warga. 

2. Penembakan Berlin 

Insiden penembakan terjadi di Berlin pada Sabtu pagi (26/12) waktu setempat. Otoritas Jerman melaporkan empat orang korban sedang dirawat di rumah sakit. DW mendapatkan kesaksian seorang fotografer yang menyatakan bahwa penembakan terjadi di dekat markas Partai Sosial Demokrat (SPD). Pasca melakukan aksinya, pelaku berhasil melarikan diri dan hingga kini masih berstatus buron. 

3. Antrean truk di perbatasan Inggris-Prancis 

Sementara itu, sebuah antrean panjang terjadi di perbatasan Inggris dengan Prancis sejak hari Rabu (23/12) waktu setempat. Hal ini sebagai dampak menyebarnya varian virus baru yang dipercaya lebih ganas dan cepat menyebar. Dengan begitu, tiap pelintas perbatasan yang kebanyakan adalah supir truk barang asal Inggris yang hendak menyeberang ke Eropa harus menjalani tes usap untuk memastikan mereka bebas COVID-19. 

Mengatasi masalah ini, beberapa relawan dan petugas diturunkan untuk mempercepat proses tes dan memberikan makanan untuk para pengendara yang terjebak. 

Baca Juga: Kaleidoskop 2020: Efek Pandemik COVID-19 buat Ajang Multi Olahraga

4. Kebakaran di kamp imigran di Bosnia 

Akhir tahun yang biasanya diiringi dengan cuaca dingin yang mencekam turut menyulut kemarahan para migran yang mendiami kamp di sebuah desa di Bosnia. Kebakaran besar terjadi pada Rabu (23/12) dan dilaporkan Al Jazeera disulut oleh beberapa migran yang kecewa dengan minimnya fasilitas yang mereka dapat. 

Para migran ini berusaha masuk ke Eropa untuk mendapatkan penghidupan lebih baik, tetapi tertahan di beberapa negara Eropa bagian Timur dan Selatan. Salah satunya, Bosnia. Kebakaran ini memperburuk keadaan para imigran karena tak sedikit yang akhirnya harus kehilangan tempat berlindung dan tidur dengan kondisi udara yang tak bersahabat. 

5. Kemunculan varian virus baru di Eropa

Vaksin COVID-19 sudah ditemukan dan mulai didistribusikan di beberapa negara. Namun, dunia masih belum bisa bernapas lega. Selain naiknya tren penambahan kasus, sebuah varian virus baru yang ditemukan di Inggris. Virus ini dipercaya memiliki tingkat penularan lebih cepat 70 persen dari COVID-19. Selain Inggris, kini virus varian baru yang berjuluk VOC-202012/01 tersebut sudah ditemukan di Singapura dan Prancis

Dengan krisis yang terjadi selama akhir tahun 2020, sepertinya tahun 2021 yang banyak dinantikan orang sebagai permulaan baru masih jauh dari ideal. 

Baca Juga: [KALEIDOSKOP] 7 Kasus Heboh yang Ditangani Polda Metro Selama 2020

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya