Pakistan Lantik Shehbaz Sharif Jadi PM Baru, India Inginkan Perdamaian

Pendukung Imran Khan di parlemen memilih mundur serentak

Jakarta, IDN Times - Pakistan telah melantik perdana menteri yang baru. Ialah Shehbaz Sharif kok yang kini menggantikan Imran Khan. Shehbaz merupakan adik dari Nawaz Sharif, mantan PM Pakistan. 

Shehbaz Sharif, mantan pemimpin oposisi yang berusaha menggulingkan Imran Khan serta merupakan pemimpin partai Liga Muslim Pakistan-N. Ia memenangkan 174 suara dari 342 suara. 

Dengan dilantiknya pemimpin Pakistan yang baru, India pun berharap adanya perdamaian dengan negara tetangganya tersebut.

1. Perdana Menteri India menginginkan perdamaian

Pakistan Lantik Shehbaz Sharif Jadi PM Baru, India Inginkan PerdamaianPerdana Menteri India Narendra Modi saat mengunjungi mausoleum Sheikh Mujibur Rahman, presiden pertama Bangladesh, pada 27 Maret 2021. (Facebook.com/Narendra Modi)

Perdana Menteri India Narendra Modi mengucapkan selamat atas dilantiknya Shehbaz Sharif menjadi perdana menteri Pakistan. Lewat pesannya, Modi secara lugas mengatakan ingin adanya perdamaian.

“India menginginkan perdamaian dan stabilitas di kawasan yang bebas dari teror, sehingga kami dapat fokus pada tantangan pembangunan kami dan memastikan kesejahteraan serta kemakmuran rakyat kami,” kata Modi, dikutip dari NDTV, Rabu (13/4/2022).

Hingga saat ini, konflik India dan Pakistan tak kunjung usai, terutama terkait wilayah Kashmir. Militer India pernah melaporkan bahwa ada 591 pelanggaran gencatan senjata yang dilakukan secara sengaja oleh militer Pakistan di garis perbatasan administrasi Kashmir. 

Meski gencatan senjata kerap dilanggar India dan Pakistan, dilaporkan bahwa eskalasi di Kashmir mulai meningkat setelah India mencabut otonomi wilayah Jammu dan Kashmir pada Agustus 2019 dan memicu protes dari Pakistan.

Baca Juga: 7 Fakta Seputar Penggulingan PM Pakistan Imran Khan

2. Shehbaz menerapkan kebijakan baru

Pakistan Lantik Shehbaz Sharif Jadi PM Baru, India Inginkan PerdamaianTentara dan polisi berjaga di jalan tertutup yang menuju ke lokasi jatuhnya pesawat Pakistan International Airlines di Karachi, Pakistan, pada 23 Mei 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Akhtar Soomro

Dalam pidato pertamanya di hadapan Majelis Nasional, Shehbaz akan menaikkan 10 persen dana pensiun.

“Upah minimum bulanan juga akan menjadi 25 ribu Pakistani Rupee (sekitar Rp1,9 juta),” ucap Shehbaz, dilansir dari CNN.

Shehbaz menegaskan, Pakistan butuh kerja keras untuk menyelamatkan diri demi persatuan. 

3. Anggota parlemen Pakistan mundur

Pakistan Lantik Shehbaz Sharif Jadi PM Baru, India Inginkan PerdamaianImran Khan, Perdana Menteri Pakistan (twitter.com/Prime Minister's Office, Pakistan)

Usai Shehbaz terpilih, sekitar 100 anggota parlemen yang mendukung Imran Khan, mundur secara serentak. Hal ini disebabkan karena Shehbaz merupakan oposisi.

Krisis politik Pakistan mencapai puncaknya ketika Imran Khan kalah dalam mosi tidak percaya di parlemen.

Penulis: Sonya Michaella

Baca Juga: Profil Imran Khan, PM Pakistan yang Digulingkan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya