Pria Tertua di Jepang Meninggal pada Usia 113 Tahun

Masazo Nonaka meninggal dengan damai

Kushiro, Jepang, IDN Times – Masazo Nonaka, pria tertua di dunia telah meninggal di usia 113 tahun pada hari Minggu (20/1) dini hari ketika tidur di rumahnya di Ashoro, pulau utama Hokkaido, Jepang utara, menurut keterangan keluarganya yang dilansir melalui mainichi.jp

1. Tentang Masazo Nonaka

Pria Tertua di Jepang Meninggal pada Usia 113 Tahunmainichi.jp (Kyodo)

Dilansir melalui mainichi.jp, Nonaka diketahui meninggal oleh keluarganya sekitar pukul 1:30 pagi setelah tidur lebih awal. Nonaka lahir di kota Ashoro, Hokkaido pada 25 Juli 1905. Tahun di mana Albert Einstein menerbitkan teorinya relativitasnya.

Nonaka tinggal di Ashoro bersama keluarganya, di rumah yang juga menjalankan usaha penginapan dan sumber air panas yang telah berusia lebih dari 100 tahun. Nonaka hidup lebih lama dari ketujuh saudara kandungnya, istri dan tiga dari lima anaknya. Bersama istrinya, Nonaka memiliki lima anak, dua putra dan tiga putri. Istrinya telah meninggal di tahun 1992. 

2. Masazo Nonaka di mata keluarga

Pria Tertua di Jepang Meninggal pada Usia 113 Tahunnews.sky.com

Nonaka tumbuh dalam keluarga besar dan menggantikan orang tuanya mengelola penginapan yang sekarang dijalankan oleh cucunya, Yuko.

Yuko mengatakan, kakeknya tampak seperti biasa, sampai kakak perempuannya memperhatikan Nonaka sudah tidak bernafas dan kakeknya dinyatakan meninggal oleh dokter keluarga, seperti diberitakan oleh apnews.com

“Dia tidak memiliki masalah kesehatan, dia pergi dengan damai dan itulah setidaknya penghiburan kita,” ujar Yuko.

"Kami merasa kaget dengan kehilangan sosok besar ini. Momen terakhirnya tenang, ia meninggal tanpa membuat keributan keluarga kita sama sekali," ungkap Yuko.

"Aku punya banyak pertengkaran dengannya, tetapi kami menikmati kebersamaan, aku dipenuhi perasaan terima kasih,” tambah Yuko.

3. Kehidupan Masazo Nonaka

Pria Tertua di Jepang Meninggal pada Usia 113 TahunMasanori Takei/Kyodo News via AP

Menurut keterangan keluarganya, Nonaka menggunakan kursi roda, tetapi pada dasarnya ia melakukan apa yang dia bisa sendiri setiap hari. Ia menikmati makan sesuatu yang manis setelah makan, menonton televisi, membaca koran dan berendam di sumber air panas seminggu sekali di akhir tahun kehidupannya. Nonaka bergerak menggunakan kursi roda dan mengenakan topi rajut khasnya.

Masazo Nonaka, 113 tahun dari Jepang yang diakui oleh Guinness World Records tahun lalu sebagai manusia tertua di dunia pada usia 112 tahun, 259 hari.

4. Jepang dan populasi penduduk berusia tua

Pria Tertua di Jepang Meninggal pada Usia 113 Tahunilustrasi lansia (pixabay/PublicDomainPictures)

Dilansir melalui mainichi.jp Jepang adalah salah satu negara teratas di dunia untuk umur panjang, pemegang rekor untuk pria tertua yang pernah ada adalah orang Jepang, Jiroemon Kimura yang meninggal pada usia 116 tahun, 54 hari pada 12 Juni 2013 yang dinobatkan oleh Guinness World Records. Pada tahun 2018 organisasi Inggris menobatkan Masazo Nonaka sebagai pria tertua di dunia pada 10 April 2018.

Menurut Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan, Jepang merupakan negara dengan orang-orang tua di dunia, pada September 2018 negara ini memiliki populasi orang berumur seratus tahun atau lebih sebanyak 69.785, hampir 90 persen di antaranya wanita, sebagaimana diberitakan oleh apnews.com

Selain Jiroemon Kimura yang meninggal di usia 116 tahun pada 2013, Kane Tanaka wanita asal Fukuoka, Jepang juga meninggal di usia 116 tahun. Berdasarkan Guinness World Records orang tertua yang pernah hidup adalah wanita dari Perancis Jeanne Calment yang meninggal pada 1997 di usia 122 tahun dan 164 hari.

Baca Juga: Ilmuwan Ini Tak Sengaja Menemukan Tabel Periodik Tertua di Dunia

Dyah Photo Verified Writer Dyah

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya