Comscore Tracker

5 Negara yang Menentang Keras LGBT, Bisa Kena Hukuman Berat!

Hormati hukum yang diberlakukan di setiap negara

Hak-hak komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) telah berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Di beberapa negara, hak-hak LGBT diakui dengan baik, bahkan pernikahan sesama jenis mulai dilegalkan. Namun, di beberapa negara lainnya, LGBT masih dianggap sebagai sesuatu yang menyimpang menurut norma masyarakat.

Di satu sisi, stigma terhadap komunitas LGBT telah berkurang di beberapa negara, tetapi banyak negara masih menganggap LGBT adalah sesuatu yang ilegal. Bahkan, LGBT dapat diancam dengan hukuman penjara atau bahkan hukuman mati.

Dilansir Washington Post dan Forbes, ada beberapa negara yang menentang keras LGBT. Bagi yang melanggar, negara tak segan memberikan hukuman berat, lho.

1. Nigeria

5 Negara yang Menentang Keras LGBT, Bisa Kena Hukuman Berat!Abuja, Nigeria (unsplash.com/Ovinuchi Ejiohuo)

Terletak di jantung Afrika, Nigeria menjadi salah satu negara paling berbahaya bagi anggota komunitas LGBT. Alasannya, negara ini menerapkan hukuman ekstrem untuk orang-orang yang dianggap melakukan penyimpangan seksual.

Hukum federal mengklasifikasikan perilaku homoseksual sebagai kejahatan yang dapat dihukum penjara hingga 14 tahun. Selain itu, beberapa negara bagian telah mengadopsi hukum syariah dan menjatuhkan hukuman mati bagi pelakunya. Nigeria bahkan mengesahkan undang-undang yang yang melarang gay di seluruh negeri untuk mengadakan pertemuan atau membentuk klub.

2. Arab Saudi

5 Negara yang Menentang Keras LGBT, Bisa Kena Hukuman Berat!ilustrasi negara Arab Saudi (pixabay.com/GLady)

Sebagai negara yang mayoritas warga negaranya beragama Islam, Arab Saudi juga banyak menerapkan hukum Islam dalam mengatur hak dan kewajiban warga negaranya. Salah satunya adalah menolak segala jenis aktivitas seksual yang dianggap menyimpang menurut hukum Islam.

Di bawah interpretasi negara hukum syariah, laki-laki menikah yang terlibat dalam sodomi atau non-Muslim yang melakukan sodomi dengan seorang Muslim dihukum dirajam sampai mati. Segala aktivitas seks di luar nikah adalah ilegal. Arab Saudi juga melarang laki-laki berperilaku seperti perempuan dan perempuan berperilaku seperti laki-laki.

3. Barbados

5 Negara yang Menentang Keras LGBT, Bisa Kena Hukuman Berat!Barbados (unsplash.com/Kathryn Maingot)

Secara historis, Barbados dan beberapa negara di Kepulauan Karibia lainnya memiliki undang-undang dan praktik anti LGBT. Wilayah yang memberlakukan undang-undang ini dan memperkuat sikap anti gay umumnya ialah sisa dari kependudukan Inggris.

Namun, baru-baru ini, Barbados bersama dengan beberapa negara di Kepulauan Karibia telah mengumumkan rencana untuk mulai menentang undang-undang anti LGBT. Meskipun begitu, selama undang-undang ini belum berlaku, segala aktivitas yang termasuk LGBT dianggap ilegal.

Baca Juga: Florida Cabut Status Pemerintahan Khusus Disney Imbas Kecam UU LGBT

4. Malaysia

5 Negara yang Menentang Keras LGBT, Bisa Kena Hukuman Berat!Putrajaya, Malaysia (unsplash.com/Fahrul Azmi)

Memiliki banyak pantai, tempat wisata, dan Situs Warisan Dunia UNESCO, Malaysia menjadi salah satu tujuan untuk pariwisata internasional. Meskipun ramah terhadap turis dan para pendatang, tetapi negara tetangga Indonesia ini menolak keras LGBT.

Hukuman yang dijatuhkan untuk homoseksualitas sangat berat. Di bawah interpretasi negara hukum syariah, pelaku homoseksualitas di Malaysia dapat dihukum hingga 20 tahun penjara, cambuk, dan denda.

5. Pakistan

5 Negara yang Menentang Keras LGBT, Bisa Kena Hukuman Berat!Pakistan (unsplash.com/Ali Kazim)

Hubungan sesama jenis adalah hal yang tabu di Pakistan, bahkan ada undang-undang ketat yang menentang homoseksualitas. Misalnya, pelaku homoseksual dapat dipenjara 10 tahun dengan denda atau penjara seumur hidup, 

Sebenarnya, seks sesama jenis cenderung diabaikan selama tidak ada yang merasa tradisi atau agama sedang ditantang. Namun, pada akhirnya, setiap warga negara hanya dapat menikah dengan lawan jenis.

Setiap negara tentu memiliki aturan yang wajib dipatuhi oleh siapa pun yang tinggal di dalamnya. Jadi, di mana pun kamu berada, pastikan kamu memahami dan mematuhi setiap aturan yang berlaku.

Baca Juga: Kelompok LGBT Spanyol Gelar Protes Terhadap Kekerasan LGBT

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya