Jadi Wali Kota Muslim Pertama di London, Perjuangan Sadiq Khan Tak Semudah yang Kamu Kira

Apalagi ketika lawannya bermain 'kotor'

London mencetak sejarah dengan terpilihnya Wali Kota muslim pertama. Sadiq Khan (45) menjadi pria yang dipercaya masyarakat Ibukota Inggris itu. Namun, Sadiq yang maju dari Partai Buruh bukan tanpa lawan berat. Seorang anak biliuner, Zac Goldsmith (41) menjadi pesaingnya, serta melakukan 'permainan kotor' semasa kampanye.

Sadiq unggul 13,6 persen atas Zac.

Jadi Wali Kota Muslim Pertama di London, Perjuangan Sadiq Khan Tak Semudah yang Kamu KiraSumber Gambar: vogue.co.uk

Secara resmi hasil pemilihan diumumkan Sabtu (7/5), seperti dilansir Reuters, dan membuat Sadiq menang dengan keunggulan lebih dari 13 persen. Hasil ini juga menjadikan pemilihan tahun ini jadi pemilihan paling mendebarkan dan penuh kontroversi.

Kontroversi yang dituduhkan Zac pada Sadiq.

Jadi Wali Kota Muslim Pertama di London, Perjuangan Sadiq Khan Tak Semudah yang Kamu KiraSumber Gambar: standard.co.uk

Zac menuduh Sadiq sebagai muslim radikal dan Partai Buruh yang mengusungnya pun punya maksud terselubung selama kampanye. Partai Konservatif yang mengusung Zac pun ikut campur dalam menyebarkan isu bahwa Sadiq yang memiliki darah Pakistan akan memberikan ruang bagi para ekstrimis untuk masuk dan menguasai London.

Baca Juga: Pria Muslim Ini Tewas Karena Ucapkan Selamat Paskah di Facebook

Masyarakat London tahu mana yang benar dan salah.

Jadi Wali Kota Muslim Pertama di London, Perjuangan Sadiq Khan Tak Semudah yang Kamu KiraSumber Gambar: newstatesman.com

Dengan cara kotor Zac selama kampanye, dirinya bukannya mendapat dukungan lebih, tapi malah kehilangan. Sejumlah rakyat London pun mengaku bahwa kampanye Zac terlalu 'kotor dan menjijikan'.

Sadiq luapkan kebahagiaan dan Ahok pun ucapkan selamat.

Jadi Wali Kota Muslim Pertama di London, Perjuangan Sadiq Khan Tak Semudah yang Kamu KiraSumber Gambar: standard.co.uk

Setelah dipastikan terpilih sebagai Wali Kota baru London, Sadiq Khan pun langsung melakukan pidato di depan Balai Kota London dan mengatakan bahwa dirinya bangga bisa melihat rakyat London memilih harapan di atas ketakutan serta persatuan di balik perbedaan. Sadiq juga akui bahwa pemilihan kali ini dipenuhi dengan kontroversi.

Jadi Wali Kota Muslim Pertama di London, Perjuangan Sadiq Khan Tak Semudah yang Kamu KiraSumber Gambar: mayorwatch.co.uk

Menanggapi kampanye Zac yang rasial, Sadiq mengatakan bahwa ketakutan adalah yang membuat orang lemah dan politik kotor tidak akan diterima di London. Sadiq juga ungkapkan bahwa ayahnya akan bangga dengan hasil ini karena sejak lama telah memilih Inggris sebagai rumah baru mereka.

Kemenangan Sadiq pun menarik perhatian Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama/Ahok. Ahok mengakui bahwa demokrasi, kapabilitas dan toleransi telah menang di pilkada London.

Sebelum mencalonkan diri sebagai wali kota, Sadiq adalah seorang pengacara spesialis HAM di Inggris. Dirinya telah berjuang untuk kemanusiaan dan kesetaraan sejak lama. Hal tersebutlah yang dibawa Sadiq selama kampanye.

Baca Juga: Dinilai Diskiminatif Terhadap Muslim, Petisi Pencabutan Nobel Aung San Suu Kyi Beredar

Topik:

Berita Terkini Lainnya