Comscore Tracker

Setelah Pensiun Main Bola, Striker Ini Mencalonkan Diri Sebagai Presiden

Pemilihannya akan berlangsung 2017

Kenal George Weah? Kamu pecinta AC Milan dan Chelsea pasti tidak asing dengan namanya. Weah memulai karier sepak bolanya tahun 1985 dan mengakhirinya 13 tahun lalu. Namun, uniknya, tahun ini, pria 49 tahun tersebut mencalonkan diri sebagai Presiden di kampung halamannya, Liberia.

Weah ikut Pilpres tahun depan.

Setelah Pensiun Main Bola, Striker Ini Mencalonkan Diri Sebagai PresidenSumber Gambar: answersafrica.com

Seperti dilansir news.sky.com, Weah berkeinginan untuk maju di pilpres karena memiliki banyak program pembangunan untuk negara dibanding Presiden Ellen Johnson Sirleaf, yang saat ini masih menjabat presiden.

Dirinya juga ingin meningkatkan APBN Liberia, menjaga keharmonisan agama dan meningkatkan pendidikan di Liberia. Dirinya akan maju bersama Partai Demokrat Liberia.

Bukan pertama kalinya Weah mencoba memimpin negeri.

Setelah Pensiun Main Bola, Striker Ini Mencalonkan Diri Sebagai PresidenSumber Gambar: beinsports.com

Pada tahun 2005, George juga mencalonkan diri sebagai presiden, tapi kalah dari Ellen. Kemudian, tahun 2011 juga mencoba jadi wakil presiden, tapi kembali gagal. 2017 ini peruntungannya diharapkan sama dengan karier sepak bola yang meroket.

Baca Juga: Ini Nih Profesi Paling Aneh Pesepakbola Internasional Setelah Mereka Pensiun!

Prestasi Weah di dunia sepak bola tidak perlu diragukan lagi.

Setelah Pensiun Main Bola, Striker Ini Mencalonkan Diri Sebagai PresidenSumber Gambar: fifa.com

Pemain dengan penampilan 60 kali bersama tim nasional Liberia, Weah menjadi pemain tersuksesnya. Pemain yang terkenal dengan nomer punggung sembilan itu telah mendapat gelar Pemain Terbaik Afrika di 1989, 1994 dan 1995.

Setelah Pensiun Main Bola, Striker Ini Mencalonkan Diri Sebagai PresidenSumber Gambar: goal.com

Dirinya juga meraih Ballon D'Or (pemain terbaik Eropa) tahun 1995. Kemudian, dirinya menjadi pemain terbaik dunia versi FIFA di tahun yang sama. Pada 2005 dirinya juga masuk dalam daftar pemain legenda afrika (CAF Legend Award). Selain itu Weah juga jadi 10 pemain terbaik CAF dalam 50 tahun terakhir.

Setelah Pensiun Main Bola, Striker Ini Mencalonkan Diri Sebagai PresidenSumber Gambar: eatmygoal.tv

Weah juga bermain dengan sejumlah klub top Eropa, seperti AC Milan, PSG, dan Chelsea. Dengan AC Milan dirinya berhasi mencetak 46 gol di 114 laga dalam lima tahun. Sementara bersama PSG (1992-1995) dan Chelsea (2000), Weah mencetak masing-masing 32 dan tiga gol.

Bisakah karier cemerlang George Weah di dunia sepak bola bisa memengaruhi majunya dia dalam Pilpres untuk ketiga kalinya?

Baca Juga: 12 Pesepakbola Terganteng di Dunia yang Selalu Bikin Kaum Hawa Meleleh

Topic:

Berita Terkini Lainnya