36 Pekerja Terjebak Usai Terowongan Runtuh di India 

Sebagian terowongan runtuh akibat tanah longsor

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 36 pekerja dikhawatirkan terjebak usai terowongan yang sedang dibangun di Uttarakhand, India runtuh akibat longsor pada Minggu (12/11/2023). Insiden itu terjadi di terowongan Silkyara di jalan raya nasional di kota Uttarkashi.

Pasukan tanggap bencana, polisi, dan pemerintah setempat melancarkan operasi penyelamatan, di mana pipa oksigen dimasukkan melalui puing-puing untuk membantu para pekerja yang terjebak untuk bernapas.

“Butuh beberapa waktu untuk mengeluarkan mereka,” kata Manohar Tamta, seorang pejabat di wilayah tersebut, dikutip Associated Press.

1. Para pekerja dalam kondisi aman

Menurut laporan media lokal, pemerintah negara bagian mengatakan para pekerja telah mengirimkan sinyal yang menunjukkan bahwa mereka dalam kondisi aman.

“Saya menghubungi para pejabat di lokasi dan terus memantau situasinya,” kata pejabat tinggi negara bagian, Pushkar Singh Dhami.

Kepala polisi Uttarkashi, Arpan Yaduvanshi, mengatakan makanan juga telah dikirimkan kepada para pekerja yang terjebak di dalam terowongan.

Sekitar 160 penyelamat dari lembaga bantuan bencana federal dan negara bagian menggunakan peralatan pengeboran dan ekskavator untuk mengevakuasi para pekerja.

Baca Juga: Demi Uang Asuransi, Pria India Bunuh Pengemis dan Palsukan Kematiannya

2. Terowongan runtuh pada dini hari

Polisi mengatakan, insiden itu terjadi sekitar pukul 4 pagi, ketika bagian terowongan sepanjang 150 meter dari total 4,5 kilometer itu runtuh.

“Insiden itu terjadi dini hari tadi. Kami telah mengirimkan semua peralatan dan mesin yang diperlukan untuk pekerjaan penyelamatan," kata Yaduvanshi.

“Sebagian terowongan rusak sekitar 200 meter dari pintu masuk. Setidaknya 36 orang terjebak dan upaya dilakukan untuk menyelamatkan mereka dengan aman," tambahnya. 

3. Uttarakhand kerap dilanda bencana alam

Dilansir The National, terowongan Silkyara merupakan bagian dari proyek jalan Char Dham, yang bertujuan meningkatkan akses ke empat tempat ziarah Hindu di negara bagian tersebut.

Terletak di kawasan Himalaya, Uttarakhand terkenal dengan keindahan alamnya dan memiliki puluhan kuil Hindu besar, yang banyak dikunjungi wisatawan sepanjang tahun. Namun, wilayah ini cukup rawan secara ekologis dan telah menghadapi dampak perubahan iklim dan pembangunan yang merajalela.

Uttarakhand telah dilanda sejumlah bencana, termasuk banjir mematikan pada 2013 yang melanda Kedarnath, salah satu tempat suci Hindu, dan menewaskan lebih dari 5.700 orang. Pada 2021, luapan danau glasial memicu banjir bandang di lokasi pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga air dan menewaskan sedikitnya 200 orang.

Sedikitnya 50 orang juga tewas pada musim panas ini setelah hujan lebat menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor.

Baca Juga: Dialog Menteri AS-India Tegaskan Dukungan kepada Israel

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya