Bus Wisata Jatuh ke Jurang Pakistan, 6 Tewas dan 17 Luka-luka

Seorang anak kecil ikut jadi korban

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya enam orang tewas dan 17 lainnya luka-luka, akibat bus yang membawa rombongan wisatawan jatuh ke jurang di wilayah Pakistan utara pada Minggu (16/7/2023).

Petugas penyelamat mengatakan, insiden itu terjadi di Jalan Raya Karakoram dekat daerah Thalichi di distrik Diamer Gilgit Baltistan. Penyebab kecelakaan masih belum diketahui.

Melansir Dawn, Inspektur Senior Polisi Diamer Muhammad Ayaz mengatakan, korban tewas termasuk tiga orang wanita dan seorang anak kecil. Kendaraan itu dilaporkan sedang dalam perjalanan menuju Gilgit dari Lahore.

1. Korban luka dilarikan ke rumah sakit setempat

Polisi dan tim penyelamat langsung melakukan upaya untuk memindahkan korban luka dan tewas ke rumah sakit. Ayaz mengatakan, penduduk setempat juga ikut membantu upaya penyelamatan.

Menanggapi kecelakaan itu, Kepala Menteri Gilgit-Baltistan Haji Gulber Khan mengungkapkan kesedihan yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa. Ia kemudian memerintahkan pemberian bantuan medis secara gratis bagi mereka yang terluka.

Sementara itu, Komisaris Gilgit Najeeb Alam mengatakan, pihaknya sedang berupaya menghubungi keluarga korban untuk penyerahan jenazah, dikutip dari Geo News.

Baca Juga: 55 Paus Mati Terdampar Massal di Skotlandia

2. Perlunya strategi untuk mencegah kecelakaan

Perdana Menteri Shehbaz Sharif juga ikut mengungkapkan belasungkawa atas insiden yang menimbulkan korban jiwa tersebut. Dia memerintahkan pihak berwenang untuk menyelidiki kecelakaan fatal itu, sekaligus memberikan bantuan segera kepada korban.

Ungkapan duka cita juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Bilawal Bhutto Zardari. Ia menekankan perlunya strategi untuk mencegah insiden serupa di masa depan.

3. Tingginya jumlah kecelakaan tunggal di Pakistan

Awal bulan ini, lima turis tewas dan 13 lainnya luka-luka dalam dua kecelakaan lalu lintas di lembah Hunza di Gilgit Balkistan. Sebuah van jatuh ke jurang, sementara satunya lagi menabrak gunung.

Bulan lalu, delapan orang, termasuk dua anak-anak, tewas dan 17 lainnya terluka saat kendaraan yang mereka tumpangi jatuh ke jurang.

Jalan raya yang rusak, pengemudi yang sembrono, dan kurangnya penerapan langkah keamanan dalam berkendara menjadi sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap tingginya angka kecelakaan di Pakistan.

Bus penumpang yang sering kali bermuatan lebih dan para penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman juga menyebabkan tingginya angka kematian dalam kecelakaan tunggal.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, lebih dari 27 ribu orang tewas di jalan raya Pakistan sepanjang 2018.

Baca Juga: Pengungsi Suriah Kepanasan: Kami Seperti Hidup di Dalam Oven

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya