Dua Suku di Pakistan Bentrok soal Tambang Batu Bara, 16 Orang Tewas

Kedua suku telah lama berebut hak kepemilikan tambang

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya 16 orang tewas dan lebih dari 10 orang terluka dalam bentrokan antara dua suku yang berseteru atas kepemilikan tambang batu bara di wilayah barat laut Pakistan.

Polisi mengatakan, orang-orang bersenjata dari suku Sunny Khel dan Akhorwal saling menyerang pada Senin malam (15/5/2023) terkait keputusan penetapan sebuah tambang yang terletak di Dara Adam Khel, sebuah distrik di provinsi Khyber Pakhtunkhwa yang berbatasan dengan Afghanistan.

Pasukan keamanan kemudian dipanggil untuk mengendalikan situasi.

1. Kedua suku sepakati gencatan senjata

Polisi setempat. Zahid Khan. mengonfirmasi 16 kematian dalam bentrokan antara suku Sunny Khel dan Akhorwal di daerah itu.

“Setidaknya 11 anggota suku Sunny Khel tewas sedangkan lima anggota suku Akhorwal dimakamkan tadi malam,” katanya pada Selasa (16/5/2023), dikutip Al Jazeera.

“Suku-suku yang terlibat telah menyepakati gencatan senjata dan jirga (pertemuan dewan suku) diadakan untuk menyelesaikan masalah tersebut,” tambah Khan.

Jirga mengacu pada sekelompok tetua yang berasal dari berbagai suku yang berfungsi untuk menyelesaikan persaingan dan konflik antarsuku. Jirga biasanya terdapat di wilayah barat laut Pakistan yang didominasi oleh populasi etnis Pashtun.

Melansir AP, kedua suku telah memperebutkan hak kepemilikan tambang sejak 2019. Polisi mengatakan belum jelas apa yang memicu bentrokan terbaru dan petugas masih menyelidikinya.

Baca Juga: PM Pakistan Perintahkan Tangkap Pendukung Imran Khan yang Anarkis 

2. Perselisihan antarsuku kerap terjadi

Perselisihan antarsuku di Dara Adam Khel bukan lagi hal baru. Sebelumnya, beberapa jirga juga telah gagal menyelesaikan persoalan antar suku tersebut.

“Ini bukan insiden kekerasan pertama antara keduanya dan ada banyak jirga di masa lalu untuk menyelesaikan masalah ini, tapi masalah terus bermunculan. Akibatnya, banyak orang tewas dalam bentrokan ini,” kata Khan.

Petugas polisi mengatakan, anggota suku Sunny Khel memprotes di jalan raya di daerah tersebut untuk menuntut agar para pelaku ditangkap

“Pemerintah daerah dan aparat penegak hukum sedang melakukan mediasi antara suku-suku tersebut dan kami berharap resolusi akan segera tercapai,” tambahnya.

3. Daerah yang kaya batu bara

Dara Adam Khel merupakan daerah yang memiliki cadangan batu bara terbesar di wilayah tersebut. Pertambangan merupakan salah satu sumber pendapatan yang paling vital bagi masyarakat setempat.

Sebagian besar tambang batu bara negara ini terletak di barat laut Khyber Pakhtunkhwa dan juga di barat daya provinsi Baluchistan.

Namun insiden ledakan kerap terjadi di tambang Pakistan, terutama akibat prosedur keamanannya yang buruk. Penambang batu bara juga sering mengeluh bahwa pemiliknya gagal melakukan tindakan pencegahan keselamatan dan memasang peralatan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Baru Bebas, Imran Khan Serukan Protes di Seluruh Pakistan

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya