Pria Ini Ditahan karena Panjat Gedung Tertinggi Keenam Dunia 

Memanjat hingga lantai 72 tanpa tali pengaman

Jakarta, IDN Times - Seorang pria asal Inggris ditahan akibat memanjat gedung pencakar langit di Seoul, Korea Selatan, tanpa menggunakan tali pengaman pada Senin (12/6/2023) pagi.

Dinas pemadam kebakaran Seoul mengatakan, lebih dari 90 personel darurat, polisi, dan petugas lainnya dikerahkan ke Lotte World Tower, setelah pria itu terlihat memanjat gedung. Dia dilaporkan hanya mengenakan celana pendek, sepatu, dan membawa tas ransel kecil.

Lotte World Tower sendiri merupakan gedung tertinggi keenam di dunia yang memiliki 123 lantai dengan tinggi bangunan mencapai 555 meter.

Pria tersebut baru mencapai lantai 72 atau sekitar 310 meter dari atas tanah, sebelum petugas akhirnya memindahkannya ke dalam gedung.

"Staf Lotte harus naik lift gondola untuk membujuknya berhenti ketika dia masih memanjat di atas lantai 70 gedung itu," kata seorang pejabat dari Badan Kepolisian Nasional, dikutip dari The Guardian.

“Dia akhirnya menyerah dan kami menangkapnya di tempat kejadian karena mengganggu jam kerja. Dia saat ini sedang diinterogasi di kantor polisi di distrik Songpa Seoul," tambahnya.

1. Sudah beberapa kali memanjat gedung tinggi tanpa izin

Media Korea Selatan mengidentifikasi pria itu sebagai George King-Thompson, pendaki bebas yang berusia 24 tahun. Dia dikenal karena gemar melakukan aksi berbahaya dan mengunggahnya di media sosial.

King-Thompson sempat ditangkap pada 2019 setelah memanjat The Shard di London, gedung pencakar langit tertinggi di Inggris dengan ketinggian 310 meter. Atas aksinya itu, dia dijatuhi hukuman enam bulan penjara, namun dibebaskan setelah menjalani setengah dari masa hukumannya.

Pada 2021, dia memanjat Menara Stratosphere setinggi 36 lantai di Stratford, London timur, dan mencapai puncaknya dalam waktu kurang dari setengah jam. Dia kembali ditangkap pada 2022 di Spanyol karena melompat dari rollercoaster tertinggi di Eropa.

Melansir Associated Press, dalam aksinya di Lotte World Tower pada hari Senin, King-Thompson dilaporkan membawa parasut dan mengatakan kepada polisi bahwa dia ingin melakukan base jumping dari atas gedung.

Baca Juga: Kronologi Streamer Korea Tewas di Kamboja, Suami-Istri Ditahan

2. Memanjat Lotte World Tower adalah mimpinya sejak lama

Times melaporkan, sebelum memanjat gedung tersebut, King-Thompson mengatakan bahwa dia berharap dapat menghindari otoritas Korea dan segera terbang ke luar negeri setelah melakukan aksi tersebut.

Surat kabar Korea Chosun Ilbo mengatakan polisi telah menangkapnya dengan tuduhan masuk tanpa izin. Dia dilaporkan memasuki Korea Selatan tiga hari lalu, dan memberi tahu polisi bahwa memanjat Menara Lotte adalah mimpi lamanya.

Lotte Property & Development, operator menara, mengatakan pria itu tidak mengalami luka serius. Namun pemadam kebakaran mengatakan bahwa dia mengalami luka di lutut kanan.

3. Pendaki Prancis juga panjat Lotte World Tower pada 2018

Pada 2018, pendaki Prancis Alain Robert, yang dikenal sebagai "Spiderman" karena aksinya yang berani, juga ditahan pihak berwenang setelah memanjat Lotte World Tower tanpa izin. Saat itu dia berhasil naik hingga lantai 75.

Robert kemudian dibebaskan dan meninggalkan Korea Selatan setelah pejabat Lotte memberi tahu polisi bahwa mereka tidak ingin mengajukan tuntutan.

Lotte Property & Development mengatakan, pejabat perusahaan diharapkan untuk mendiskusikan apa yang harus dilakukan dengan aksi King-Thompson kali ini.

Baca Juga: 50 Tahun Indonesia-Korsel, Mengingat Kembali Momen Jokowi dan K-Pop

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya