Sekolah di India Ditutup akibat Topan Michaung, Ribuan Orang Mengungsi

Topan akan tiba pada Selasa pagi

Jakarta, IDN Times - Pihak berwenang di India selatan menutup semua sekolah dan kantor pada Senin (4/12/2023), menjelang tibanya badai siklon parah di wilayah tersebut. Semua penerbangan pun terpaksa dihentikan dan masyarakat daerah pesisir dievakuasi. 

Menurut Departemen Meteorologi India, topan Michaung diperkirakan akan mendarat di pantai negara bagian Andhra Pradesh pada Selasa (5/12/2023) pagi, dengan kecepatan angin mencapai 90-100 kilometer per jam dan hembusan angin hingga 110 kilometer per jam.

Sebagian wilayah Andhra Pradesh juga kemungkinan akan diguyur hujan dengan curah lebih dari 200 milimeter dalam 24 jam ke depan.

Baca Juga: Banjir Melanda saat Topan Biparjoy Terjang India

1. Tujuh ribu orang di Andhra Pradesh telah dievakuasi

Dilansir Reuters, pihak berwenang di Andhra Pradesh dan negara bagian tetangga Tamil telah Nadu bersiaga tinggi terhadap kerusakan yang mungkin terjadi. Para pejabat di kedua negara bagian tersebut juga mengevakuasi ribuan orang yang tinggal di wilayah pesisir dan mengeluarkan peringatan bagi para nelayan untuk tidak melaut.

Seorang pejabat senior di departemen manajemen bencana Andhra Pradesh mengatakan, pihak berwenang telah mengevakuasi hampir tujuh ribu orang di delapan distrik pesisir. Mereka juga bersiap untuk mengevakuasi total 28 ribu orang, tergantung pada jalur dan tingkat keparahan topan.

2. Kantor dan sekolah di sebagian distrik di Tamil Nadu ditutup

Sementara itu, pihak berwenang di Tamil Nadu mengumumkan hari libur umum di empat distrik yang kemungkinan akan terkena dampak paling parah dari topan tersebut. Departemen industri di negara bagian tersebut mengatakan hanya perusahaan pemasok penting yang akan tetap berfungsi untuk saat ini.

Di ibu kota Tamil Nadu, Chennai, hujan lebat mengakibatkan sebagian kota terendam banjir. Gangguan besar juga terjadi pada layanan kereta api dan penerbangan, dengan video yang menunjukkan air mengalir ke landasan bandara.  Pihak berwenang pun telah menutup operasi di bandara Chennai pada Senin.

Media lokal melaporkan, anggota Pasukan Tanggap Bencana Nasional India sedang mengevakuasi warga yang berada di dataran rendah kota tersebut.

Baca Juga: 5 Fakta Mengerikan Mengenai Angin Topan, Kecepatannya Luar Biasa!

3. Pasukan tanggap bencana di Tamil Nadu telah dikerahkan

Pada akhir pekan, pemerintah Tamil Nadu mengatakan bahwa mereka telah mengerahkan pasukan tanggap bencana sendiri dan mendirikan hampir lima ribu kamp bantuan di wilayah pesisir.

Ketua Menteri Tamil Nadu, M.K. Stalin, melaporkan bahwa wilayahnya siap menghadapi badai. Ia mengatakan pihak berwenang telah dikerahkan ke daerah-daerah yang rentan, dan meminta masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah sampai badai mereda, dilansir Associated Press.

Baca Juga: Topan Koinu Landa Taiwan, 1 Orang Tewas dan 300 Lebih Terluka

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya