Video Pria India Kencingi Pemuda Suku Picu Kemarahan Warga

Pelaku diduga anggota partai BJP yang berkuasa

Jakarta, IDN Times - Video viral seorang pria mabuk yang mengencingi pemuda suku di Madhya Pradesh, India, menuai kecaman luas di negara bagian tersebut. Pelaku diduga merupakan anggota Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa di India.

Kepala menteri Madhya Pradesh, Shivraj Singh Chouhan, mengutuk tindakan tersebut dan memerintahkan agar pelaku didakwa berdasarkan Undang-Undang Keamanan Nasional yang ketat. 

"Sebuah video viral dari distrik Sidhi telah menjadi perhatian. Saya telah menginstruksikan pemerintah untuk menangkap pelakunya dan mengambil tindakan tegas," kata pada Selasa (4/7/2023), dikutip dari The Tribune.

Dalam video tersebut, Pravesh Shukla yang diduga merupakan perwakilan BJP untuk distrik Sidhi terlihat sedang merokok sambil buang air kecil di wajah, rambut, dan leher pria yang sedang duduk. Insiden itu terjadi di desa Kubri pekan lalu.

1. Polisi sedang memburu pelaku

Pejabat lokal mengatakan, kasus tersebut telah didaftarkan ke kepolisian. Polisi juga telah membentuk tim untuk menemukan Pravesh yang telah melarikan diri.

"Sebuah kasus telah didaftarkan di kantor polisi Behari dan tim telah dibentuk untuk menangkap Pravesh Shukla," kata Wakil Inspektur Jenderal Polisi Mithilesh Shukla, dikutip dari NDTV.

"Dia telah didakwa berdasarkan Undang-Undang Keamanan Nasional, Undang-Undang SC/ST dan Pasal 294 (tindakan cabul di tempat umum) dan 504 (penghinaan yang disengaja dengan maksud untuk memprovokasi pelanggaran perdamaian) KUHP India," tambahnya.

Baca Juga: Bunuh Teman gegara Kalah Judi, 4 Remaja India Diarak Polisi ke TKP

2. Madhya Pradesh berada di peringkat teratas dalam hal kekejaman terhadap suku

Sementara itu, Ketua Kongres negara bagian Kamal Nath mengatakan, insiden itu telah mempermalukan wilayahnya. Menurutnya, Madhya Pradesh telah menempati urutan pertama dalam hal kekejaman terhadap suku.

"Tindakan cabul dan keji seperti itu terhadap anggota komunitas suku tidak memiliki tempat dalam masyarakat yang beradab. Orang yang melakukan kejahatan dikatakan berasal dari BJP," kata Nath.

"Madhya Pradesh adalah nomor satu dalam kekejaman terhadap suku dan insiden ini telah mempermalukan seluruh negara bagian. Saya menuntut agar menteri utama memastikan bahwa terdakwa mendapatkan hukuman seberat mungkin dan juga kekejaman terhadap suku harus diakhiri," tambahnya.

3. BJP bantah pelaku bagian dari partainya

Kongres oposisi mengklaim bahwa Pravesh merupakan anggota BJP, namun partai tersebut membantah memiliki hubungan dengannya.

“BJP akan selalu menentang setiap tindakan keji terhadap komunitas suku. MP BJP menuntut tindakan tegas terhadap orang ini,” kata penanggung jawab media BJP negara bagian Ashish Agarwal

"Saya kenal dia karena dia dari daerah pemilihan saya, tapi dia bukan perwakilan saya atau pekerja BJP," kata Kedarnath Shukla, setelah muncul beberapa foto yang menunjukkan dia dan Pravesh bersama.

Baca Juga: Gelombang Panas Landa India hingga AS, Ratusan Tewas

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya