Comscore Tracker

Jokowi: Xi Jinping dan Vladimir Putin Akan Hadir di KTT G20 Bali

Jokowi bahas KTT G20 Bali dengan Putin melalui telepon

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memastikan kedatangan Presiden China Xi Jinping dan Pemimpin Rusia Vladimir Putin dalam KTT kelompok 20 atau G20 di Bali akhir tahun ini

“Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya bahwa dia akan datang,” kata Jokowi dalam wawancara eksklusif dengan Pemimpin Redaksi Bloomberg News John Micklethwait, pada Kamis (19/8/2022).

Baca Juga: Jokowi-Putin Ngobrol di Telepon, Bahas Ekonomi dan Perdagangan 

1. Jokowi konfirmasi kedatangan Xi Jinping dan Vladimir Putin

Jokowi: Xi Jinping dan Vladimir Putin Akan Hadir di KTT G20 BaliPresiden RI Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (dok. Sekretariat Presiden)

Konfirmasi Jokowi adalah merupakan kali pertama dilakukan terhadap rencana kedatangan kedua pemimpin negara yang masing-masing tengah berseteru dengan negara lainnya. China sendiri kini tengah berseteru dengan Taiwan karena kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Sedangkan, Rusia tengah berseteru dengan Ukraina dan tengah dirundung sanksi barat yang sampai saat ini masih berlangsung terhadap negara Beruang Merah.

2. Kehadiran Putin dan Xi Jinping di KTT G20 bakal dapatkan sorotan

Jokowi: Xi Jinping dan Vladimir Putin Akan Hadir di KTT G20 BaliPresiden Jokowi bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping di Beijing (dok. Sekretariat Presiden)

Kehadiran Xi Jinping dan Putin pada pertemuan G20 diproyeksikan akan memicu pertikaian, khususnya dengan Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin demokratis lainnya yang semuanya akan bertemu langsung untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia ke Ukraina di Bali akhir tahun nanti.

Serangan Rusia ke Ukraina yang terjadi tak lama setelah Putin dan Xi mendeklarasikan kemitraan tanpa batas telah membuat G-20 terpecah. khususnya mengenai apakah akan menjatuhkan sanksi terhadap Rusia atau tidak.

Baca Juga: Lawan Arus, Bank Sentral Rusia Justru Pangkas Suku Bunga

3. Jokowi dan Putin saling telepon bahas persiapan KTT G20 di Bali

Jokowi: Xi Jinping dan Vladimir Putin Akan Hadir di KTT G20 BaliPresiden Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow (dok. Sekretariat Presiden)

Kementerian Luar Negeri China tidak segera menjawab permintaan komentar tentang rencana perjalanan Xi ke agenda G20 di Bali. Xi Jinping sendiri belum pernah bepergian ke luar negeri sejak awal pandemik.

Seorang juru bicara Kremlin juga menolak berkomentar. Tetapi, pejabat Kremlin lainnya mengkonfirmasi bahwa Putin saat ini berencana untuk menghadiri pertemuan G20 secara langsung.

"Putin dan Jokowi sendiri membahas persiapan KTT G-20 di Bali dalam sebuah panggilan telepon pada Kamis (19/8/2022)," kata Kremlin dalam sebuah pernyataan.

Kehadiran Putin juga bisa membuatnya bertatap muka dengan Volodymyr Zelenskyy untuk kali pertama sejak invasi Rusia karena presiden Ukraina juga dijadwalkan berada di Bali.

Baca Juga: Zelenskyy Ogah Gencatan Senjata kalau Wilayahnya Gak Dikembalikan

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya