Presiden Aljazair Abdelmadjid Positif COVID-19 

Kondisinya mulai membaik setelah mendapat perawatan

Jakarta, IDN Times - Presiden Aljazair, Abdelmadjid Tebboune, positif terinfeksi COVID-19. Staf kepresidenan Aljazair melaporkan kondisi Tebboune mulai membaik usai mendapatkan perawatan di rumah sakit Jerman.

Otoritas Aljazair menyebutkan Tebboune sedang berada di Jerman tiga pekan lalu untuk melakukan pemeriksaan medis. Saat itu, orang-orang yang ada di pemerintahan positif COVID-19.

1. Presiden Tebboune sedang menghadapi krisis politik di Aljazair

Presiden Aljazair Abdelmadjid Positif COVID-19 The New Turkey

Pria berusia 75 tahun itu terpilih kurang dari setahun saat Aljazair menghadapi krisis politik terbesarnya dalam puluhan tahun dengan gerakan protes massal yang menuntut agar seluruh kelas penguasa diganti.

Didukung kekuatan militer, Tebboune mendorong perubahan pada konstitusi. Meski disepakati dalam referendum pada Minggu, partisipan pemilih sangat rendah, yakni 23,7 persen.

Baca Juga: Aljazair Akan Ubah Konstitusi Meski Hanya Diikuti Sebagian Penduduknya

2. Kondisi Tebboune saat ini bakal menghambat reformasi ekonomi

Presiden Aljazair Abdelmadjid Positif COVID-19 Reuters/Ramzi Boudina

Kondisi Tebboune yang sedang dalam perawatan diperkirakan bakal memperlambat upaya Aljazair meloloskan reformasi ekonomi. Langkah itu bertujuan untuk mengurangi ketergantungan terhadap pendapatan energi yang menyusut.

3. Presiden Tebboune minta warganya disiplin

Presiden Aljazair Abdelmadjid Positif COVID-19 Reuters/Ramzi Boudina

Sebelumnya, Tebboune mendesak warganya agar lebih disiplin lagi dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Tebboune dalam saluran televisi negara mengatakan pemerintah masih dapat menangani situasi meskipun ada penurunan pendapatan energi, sumber utama keuangan negara.

"Anda harus disiplin. Kita kurang disiplin. Orang harus menghormati tindakan pencegahan dan saran dokter," kata Tebboune.

Baca Juga: Aljazair Akan Ubah Konstitusi Meski Hanya Diikuti Sebagian Penduduknya

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya