4 Orang Bersenjata Bunuh 10 Anggota Keluarga di Afrika Selatan

Satu pelaku berhasil melarikan diri

Jakarta, IDN Times - Empat orang bersenjata menyerang sebuah rumah di kota Pietermaritzburg, Afrika Selatan, pada Jumat (21/4/2023). Dalam serangan itu para para pelaku menembak mati 10 anggota keluarga, termasuk anak-anak.

Polisi tidak menjelaskan motif penembakan itu, tapi mengatakan bahwa mereka telah menangkap dua tersangka. Ada empat pelaku yang terlibat dalam penembakan.

Baca Juga: UEA Tolak Ekstradisi Pengusaha Korup Afrika Selatan

1. Penembakan menewaskan tujuh wanita dan tiga pria

4 Orang Bersenjata Bunuh 10 Anggota Keluarga di Afrika Selatanilustrasi Afrika Selatan (pixabay.com/martinaH79)

Polisi mengatakan insiden itu terjadi pada Jumat dini hari, ketika orang-orang bersenjata masuk ke rumah keluarga itu di kota Pietermaritzburg di bagian timur provinsi KwaZulu-Natal.

Polisi mengumumkan bahwa korban terdiri dari tujuh perempuan dan tiga pria, kemudian menambahkan bahwa setidaknya satu anak, remaja laki-laki, termasuk di antara yang tewas. Korban tertua dalam penembakan itu berusia 65 tahun dan yang termuda berusia 13 tahun.

"Ini adalah tempat kejadian, mengerikan. Terlalu banyak orang hilang di sini," kata Menteri Kepolisian Bheki Cele, dikutip Reuters.

Cele mengatakan manajemen polisi perlu duduk untuk membicarakan apakah provinsi membutuhkan lebih banyak polisi.

Baca Juga: Penembakan di Pesta Ulang Tahun di Afrika Selatan, 8 Orang Tewas

2. Dua tersangka telah ditangkap

4 Orang Bersenjata Bunuh 10 Anggota Keluarga di Afrika SelatanIlustrasi penangkapan. (Unsplash.com/niu niu)

Dilansir Associated Press, Cele mengatakan ada empat tersangka dalam kejadian ini dan polisi telah menghadapi empat pria itu di jalan sekitar satu mil dari rumah tempat penembakan massal terjadi. Dia mengatakan dalam upaya penangkapan terjadi baku tembak.

“Polisi balas menembak, membunuh satu, melukai satu, yang ditangkap, dan satu yang ditangkap tidak terluka. Satu telah melarikan diri. Untungnya mereka tahu siapa yang melarikan diri," kata Cele.

Menteri itu mengatakan pihak berwenang telah menemukan tiga senjata. Dia memberitahu bahwa  tersangka yang dibunuh oleh polisi merupakan buronan terkenal dan telah terkait dengan kejahatan lain di daerah itu.

Baca Juga: Asia Selatan dan Afrika Penyumbang Kematian Anak Tertinggi di 2021 

3. Penembakan di Afrika Selatan

4 Orang Bersenjata Bunuh 10 Anggota Keluarga di Afrika SelatanBendera Afrika Selatan. (Unsplash.com/Den Harrson)

Afrika Selatan memiliki salah satu tingkat pembunuhan tertinggi di dunia dengan sekitar 20 ribu pembunuhan tercatat setiap tahun dari 60 juta populasi. Menurut kelompok kampanye Gun Free South Africa, rata-rata 30 orang ditembak dan dibunuh setiap hari di negara itu, di mana ada seiktar 4,5 juta senjata terdaftar.

Delapan orang ditembak mati di sebuah pesta ulang tahun di kota pantai selatan Gqeberha di Eastern Cape pada Januari. Serangan itu juga menyebabkan tiga orang terluka.

Tahun lalu, 16 orang tewas dalam penembakan massal di sebuah bar di Johannesburg oleh sekelompok pria bersenjata. Pada hari yang sama dengan penembakan di Johannesburg, 12 orang ditembak, empat di antaranya tewas, di sebuah bar di Pietermaritzburg.

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya