Gelombang Panas Perparah 2 Kebakaran Hutan di Yunani

Suhu panas mencapai lebih dari 40 derajat celsius

Jakarta, IDN Times - Dua kebakaran hutan terjadi di Yunani pada Senin (17/7/2023). Satu kobaran api berkobar di kota Kouvaras, sekitar 50 kilometer dari Athena, dan kebakaran besar kedua di daerah berhutan dekat kota peisisir Loutraki, sekitar 90 kilometer barat dari Athena.

Kebakaran itu terjadi saat negara tersebut dilanda gelombang panas yang menyebabkan suhu udara mencapai lebih dari 40 derajat celsius. Layanan Meteorologi Nasional Hellenic telah memperingatkan bahwa risiko kebakaran lebih lanjut tetap tinggi.

1. Sebanyak 150 petugas pemadam dikerahkan

Gelombang Panas Perparah 2 Kebakaran Hutan di YunaniIlustrasi pemadam kebakaran. (Unsplash.com/Matt C)

Dilansir Al Jazeera, petugas pemadam mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di Kouvaras menyebabkan beberapa rumah rusak. Kendaraan di kota itu juga hangus dan asap putih tebal mengepul dari tanaman yang terbakar.

“Ini api yang sulit. Anginnya sangat kencang,” kata Ioannis Artopoios, juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran Yunani.

Artopoios mengatakan bahwa 150 petugas pemadam kebakaran, termasuk 31 dari Rumania, 40 mobil pemadam kebakaran, tujuh pesawat dan empat helikopter telah dikerahkan untuk mengendalikan api yang berkobar oleh angin kencang.

“Akibat angin kencang, kobaran api menyebar sepanjang 12 kilometer dalam dua jam,” kata Artopoios, menambahkan bahwa polisi telah menahan seseorang yang diduga melakukan pembakaran.

Baca Juga: Panas Banget! Suhu UEA Tembus 50 Derajat Celcius

2. Kebakaran lainnya menyebabkan 1.200 anak dievakuasi

Gelombang Panas Perparah 2 Kebakaran Hutan di YunaniIlustrasi petugas pemadam kebakaran. (Unsplash.com/Matt C)

Dinas pemadam kebakaran melaporkan kebakaran hutan kedua di daerah berhutan di Loutraki. Api yang berkobar menyebabkan setidaknya dua desa, kamp musim panas anak-anak, dan pusat rehabilitasi untuk manula harus dievakuasi.

Wali Kota Loutraki, Giorgos Gkionis, mengatakan bahwa 1.200 anak dari kamp liburan telah dievakuasi. Tindakan itu dilakukan saat api mendekati kamp.

Pihak berwenang melakukan evakuasi karena hembusan angin mencapai kecepatan hingga 70 km per jam, yang mendorong api melalui semak belukar dan hutan pinus yang kering di tengah panas yang ekstrim.

3. Gelombang panas di Yunani

Gelombang Panas Perparah 2 Kebakaran Hutan di YunaniBendera Yunani. (Unsplash.com/Dim Hou)

Sejak pekan lalu, Yunani telah mengalami gelombang panas dengan suhu mencapai 44 derajat celsius di wilayah tengah.

Athena Raya dan sebagian besar Yunani selatan berada pada siaga tertinggi kedua untuk kebakaran hutan pada awal minggu karena suhu yang sangat panas, yang mereda selama akhir pekan.

Gelombang panas yang melanda membuat Acropolis di Athena, objek wisata paling populer, ditutup selama jam-jam terpanas pada Jumat dan hingga Minggu.

Layanan Meteorologi Nasional Hellenic memperkirakan, suhu panas akan turun 2-4 derajat celsius pada hari Rabu, tapi gelombang panas baru akan menyusul mulai Kamis, dan suhu tertinggi lokal diperkirakan akan mencapai 43 derajat celsius.

“Kita berada di tengah periode pemadaman kebakaran, dan kondisi yang diperkirakan akan sangat sulit dan mendukung kebakaran hutan,” kata Artopoios.

Negara tetangga termasuk Italia dan Spanyol juga mengalami suhu yang sangat tinggi.

"Suhu akan mencapai puncaknya antara 19 dan 23 Juli, tidak hanya di Italia, tetapi juga di Yunani, Turki, dan Balkan. Beberapa rekor panas lokal di area ini mungkin akan terpecahkan pada hari-hari itu," kata Giulio Betti, ahli meteorologi dan iklim Italia, dikutip dari BBC.

Baca Juga: 55 Paus Mati Terdampar Massal di Skotlandia

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya