Comscore Tracker

Hujan Deras dan Badai Petir Sebabkan Banjir di London

Setelah gelombang panas hujan deras melanda

London, IDN Times - Hujan deras disertai badai petir telah menyebabkan banjir bandang yang parah di beberapa bagian di London, pada Minggu (25/7/2021). Banjir telah menyebabkan sejumlah jalan tidak bisa diakses. Badan Meteorologi Inggris (Met Office) telah mengeluarkan peringatan kuning untuk wilayah yang berisiko banjir.

1. Pemadam kebakaran terima 300 panggilan terkait banjir

Hujan Deras dan Badai Petir Sebabkan Banjir di LondonPetugas pemadam kebakaran di London, saat melakukan penyelamatan kepada orang di dalam mobil yang terjebak banjir di Worcester Park pada 25 Juli 2021. (Twitter.com/London Fire Brigade)

Dilansir The Guardian, banjir yang melanda London telah menyebabkan gangguan layanan di rumah sakit Whipps Cross dan Newham di timur kota. Banjir telah membuat akses jalan di beberapa tempat London ditutup. Tiga bus bertingkat dilaporkan terjebak di bawah jembatan kereta api. Pengendara lain di Walthamstow, timur laut London, harus meninggalkan kendaraan mereka, karena terjebak banjir.

Beberapa warga yang rumah mereka terendam air setinggi pinggang telah meminta bantuan layanan darurat untuk menyelamatkan mereka. Pemadam kebakaran London menyampaikan bahwa mereka telah menerima 300 panggilan terkait banjir hanya dalam beberapa jam setelah banjir melanda pada hari Minggu.

Wali Kota London, Sadiq Khan telah menyarankan warga menghubungi layanan darurat, bila mengalami keadaan darurat. Sejauh ini petugas pemadam kebakaran menyampaikan belum ada panggilan yang mengancam kehidupan.

Alat pengukur hujan Kantor dan Badan Lingkungan Hidup menunjukkan bahwa curah hujan sebesar 48,5 mm dalam satu jam di Bethersden di Kent antara pukul 3 sore hingga 4 sore pada hari Minggu, sementara di Ryde, Isle of Wight mengalami curah hujan 38,5 mm dalam satu jam, dan 20-30 mm dalam satu jam di beberapa bagian London dan wilayah terdekat.

2. Peringatan kuning untuk wilayah yang berisiko banjir

Hujan Deras dan Badai Petir Sebabkan Banjir di LondonJalanan di London yang terendam banjir pada 25 Juli 2021. (Twitter.com/London Fire Brigade)

Dilansir Sky News, terkait cuaca buruk yang melanda Met Office telah mengeluarkan peringatan kuning untuk badai yang meliputi London dan daerah sekitarnya di mana rumah dan bisnis berisiko banjir, yang berlangsung hingga pukul 7 malam pada hari Minggu.

Badan Lingkungan mengeluarkan peringatan kuning banjir di wilayah mencakup lima wilayah di Inggris, di London peringatan banjir untuk daerah di dekat Beverley Brook di Worcester Park dan West Barnes.

Peringatan kuning untuk badai yang diperkirakan dapat menyebabkan gangguan perjalanan dan listrik juga mencakup wilayah selatan yang lebih luas dari Norwich hingga Plymouth, dan akan berlangsung hingga tengah malam. 

Polisi di wilayah Kingston, London, yang mengawasi sebuah wilayah, yang termasuk dalam peringatan kuning untuk badai telah mengeluarkan peringatan untuk pengendara agar pengemudi mengendari kendaraan dengan hati-hati.

Baca Juga: Lockdown Usai, Masker Tetap Wajib di Transportasi London

3. Badai disebabkan gelombang panas

Hujan Deras dan Badai Petir Sebabkan Banjir di LondonJalanan di Gants Hill, London yang dipenuhi genangan air pada 25 Juli 2021. (Twitter.com/Jordan)

Dilansir BBC, terkait cuaca yang melanda Inggris saat ini ahli meteorologi dari Met Office, Steven Keates menyampaikan bahwa bagian selatan antara Suffolk selatan dan Isle of Wight dapat mengalami curah hujan hingga 100 mm hanya dalam beberapa jam pada Minggu malam.

Keates memperkirakan hujan yang cukup deras akan melanda wilayah dari Norfolk ke Bournemouth, dan hujan deras disertai guntur dan kilat dan berpotensi menyebabakan beberapa hujan es mengendap di wilayah selatan.

Keates mengatakan badai yang terjadi disebabkan oleh "konvergensi" arus udara karena adanya kehangatan di permukaan bumi, yang disebabkan oleh gelombang panas yang melanda baru-baru ini naik ke udara yang lebih dingin di atmosfer.

Gelombang panas yang melanda selama beberapa hari telah membuat suhu yang lebih dingin dan cuaca yang tidak menentu dan badai di beberapa tempat. Pengamat cuaca memperingatkan para pelancong yang melakukan liburan musim panas untuk mengantisipasi banjir, badai petir, dan hembusan angin kencang. Petir telah merusak atap dua properti rusak parah di Hampshire, ketika disambar petir pada Sabtu pagi.

Suhu di London diperkirakan pada hari Senin akan mulai naik lagi, yang diperkirakan mencapai 26 derajat Celcius. London telah dilanda banjir bandang bulan ini, setelah satu bulan hujan turun dalam waktu satu hari.

Baca Juga: Lockdown Usai, Masker Tetap Wajib di Transportasi London

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya