Hypogeum Colosseum Mulai Dibuka untuk Umum

Perusahaan mode Tod membiayai restorasi

Roma, IDN Times - Hypogeum atau area panggung bawa tanah amfitetaer Colosseum telah selesai direstorasi dan pertama kalinya, untuk pengunjung situs wisata paling populer di Roma ini diberi akses ke area bawah tanah yang baru dipugar tersebut, yang mulai berlaku pada Sabtu (26/6/2021). Arena tersebut pada masa zaman Kerajaan Romawi digunakan oleh gladiator dan hewan liar untuk bersiap bertarung.

1. Butuh dua tahun untuk menyelesaikan tahap kedua

Hypogeum Colosseum Mulai Dibuka untuk UmumJalan yang dibangun untuk menjelajahi Hypogeum Colosseum yang telah selesai direstorasi dibuka untuk umum pertama kalinya mulai 26 Juni 2021. (Instagram.com/parcocolosseo)

Dilansir VOA News, area tersebut merupakan bagian restorasi tahap kedua yang dikerjakan oleh tim yang terdiri dari lebih dari 80 ahli, termasuk arkeolog, insinyur dan pemulih, yang bekerja selama dua tahun. Pendanaan disediakan oleh perusahaan mode Tod yang dipimpin oleh Diego Della Valle. Della Valle menjanjikan 25 juta euro (Rp430 miliar) untuk pemulihan yang ambisius dan rumit itu.

Dalam pembukaan area bawah tanah tersebut untuk umum, Della Valle hadir, dia menyampaikan kepuasan atas apa yang telah dicapai sejauh ini untuk sebuah monumen yang "dicintai seluruh dunia." Dia juga memuji keputusan yang memungkinkan sektor publik dan swasta untuk bersatu “untuk tujuan yang baik.”

Dilansir The Guardian, Sebelumnya sejak 2010 pengunjung dapat turun ke dalam jaringan Hypogeum, yang terletak di bawah arena amfiteater dan tidak terlihat oleh penonton, tapi hanya dapat memasuki sebagian kecil. kini area yang dapat diakses oleh publik itu dapat dijelajahi menggunakan jalan setapak kayu yang baru dibangun untuk menjelajahi terowongan dan ruang.

Dalam restorasi tempat wisata kebangaan Italia ini Menteri Kebudayaan Italia, Dario Franceschini, mengumumkan beberapa kemitraan publik-swasta untuk renovasi monumen Roma, tapi kerja sama itu dikritik.  Franceschini dalam merespon kritikan menyampaikan bahwa adalah hak bebas dalam memilih kolaborasi publik-swasta, dia mengatakan.

“Proyek ini sangat penting dan menunjukkan bagaimana sebuah perusahaan Italia, yang mengekspor ke seluruh dunia, kemudian berinvestasi kembali di negaranya untuk melindungi warisan seni dan budayanya.”

2. Setiap batu Colosseum adalah saksi sejarah

Hypogeum Colosseum Mulai Dibuka untuk UmumHypogeum Colosseum yang telah selesai direstorasi dibuka untuk umum pertama kalinya mulai 26 Juni 2021. (Instagram.com/parcocolosseo)

Dilansir VOA News, dalam pembukaan area tersebut untuk umun Alfonsina Russo, direktur taman arkeologi Colosseum juga hadir, dia menyampaikan bahwa kini monumen yang berada di dalam monumen itu telah sepenuhnya dipulihkan dan dibuka kembali. Dia menyampaikan bahwa setiap batu di area hypogeum adalah saksi sejarah dari arena yang diresmikan sekitar tahun 80 Masehi, yang menampil pertunjukkan gladiator terakhirnya pada pada tahun 523 Masehi.

Russo mengatakan 2 ribu tahun yang lalu hypogeum adalah jantung dari amfiteater Flavia di mana semua persiapan untuk pertunjukan berlangsung. Dia menambahkan bahwa ini adalah belakang panggung di mana gladiator bersiap untuk tantangan mereka dan di mana kandang dengan hewan liar disimpan untuk pertunjukan.

Russo menjelaskan bahwa area seluas 15 ribu meter persegi ini dipenuhi dengan teknologi canggih pada zamannya, dengan platform bergerak dan lift kayu yang digunakan untuk mengangkat hewan buas dan pemain keluar ke arena sehingga mereka dapat bergabung dalam aksi pertempuran. Ada juga sistem air khusus yang memenuhi arena dengan air untuk pertempuran di air, biasanya untuk pertunjukan terakhir.

Baca Juga: Italia Bangun Lantai Baru di Arena Bertarung Colosseum

3. Proyek lain yang disetujui untuk Colosseum

Hypogeum Colosseum Mulai Dibuka untuk UmumColosseum peninggalan bersejarah pada zaman Kekaisaran Romawi. (Unsplash.com/Ahmed Almakhzanji)

Dilansir RFI, restorasi sebelum hypogeum merupakan tahap pertama yang meliputi pembersihan fasad utara dan selatan, penggantian mortar yang rusak di lengkungan dan pemasangan gerbang baru. Kemudian setelah penyelesaian hypogeum, maka pada tahap ketiga akan melibatkan pemulihan galeri, pembuatan pusat pengunjung yang benar-benar baru dan sistem pencahayaan baru.

Dalam proyek terpisah untuk Colosseum akan dibuat panggung baru yang dapat ditarik, dengan menggunakan teknologi tinggi  dan kemungkinan akan menghadirkan kembali acara dan pertunjukan budaya seperti di zaman kuno. Diharapkan dapat dimulai pertunjukkannya pada 2023.

Perusahaan mode lainnya yang mengikuti jejak Tod membantu restorasi monumen penting lainnya di Italia adalah Bulgari yanh mendanai pemulihan Tangga Spanyol dan Fendi membersihkan Air Mancur Trevi dan lainnya.

Baca Juga: Bukan Cuma Roma, 7 Tempat Ini Juga Punya Colosseum Lho!

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya