Comscore Tracker

Jepang Mulai Uji Coba Avigan untuk Obati Pasien Virus Corona 

Tiongkok sebelumnya telah melakukan uji klinis Avigan

Jakarta, IDN Times - Jepang saat ini tengah melakukan uji klinis untuk melihat efektivitas Avigan sebagai salah satu obat untuk pasien yang terjangkit virus corona COVID-19. 

Avigan merupakan obat flu yang dibuat oleh perusahaan Fujiflm Toyama Chemical. Sebelumnya Avigan disetujui efektif untuk merawat pasien COVID-19 di Tiongkok.

"Uji coba itu akan dilakukan pada 100 pasien COVID-19, yang akan dilakukan hingga akhir Juni mendatang," kata seorang juru bicara Fujifilm, seperti dikutip dari CNA, Rabu (1/4).

Baca Juga: Korea Selatan Tolak Avigan Jepang Sebagai Opsi Pengobatan Virus Corona

1. Avigan akan dikonsumsi oleh pasien COVID-19 selama 14 hari

Jepang Mulai Uji Coba Avigan untuk Obati Pasien Virus Corona Penanganan pasien virus corona

Juru bicara perusahaan Fujiflm mengatakan, obat Avigan akan diberikan atau dikonsumsi oleh pasien virus corona selama maksimal 14 hari.

Pasien yang dapat mengonsumsi Avigan hanya mereka yang berusia antara 20 hingga 74 tahun, dan hanya mereka yang memiliki gejala pneumonia ringan. 

Avigan tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Setelah dilakukan uji coba pada hewan, Avigan memiliki efek samping yang sangat berbahaya bagi janin.

"Kami akan mengumpulkan data, menganalisisnya, dan meminta persetujuan setelah itu," tambahnya.

2. Uji coba Avigan dilakukan setelah ada persetujuan dari Perdana Menteri Shinzo Abe

Jepang Mulai Uji Coba Avigan untuk Obati Pasien Virus Corona Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, saat mengadakan pertemuan membahas virus corona yang belum lama terjadi pada bulan Februari 2020 lalu. twitter.com/AbeShinzo

Uji klinis Avigan fase ketiga ini dilakukan setelah Perdana Menteri Shinzo Abe, pada Sabtu (28/3) lalu mengatakan, pemerintah akan memulai proses yang diperlukan untuk secara resmi menyetujui Avigan sebagai pengobatan terhadap virus corona baru.

Sebelumnya, Tiongkok pernah melakukan uji klinis fase pertama dan kedua dari obat Avigan ini, kemudian hasilnya menunjukkan bahwa Avigan dapat berperan dalam mempersingkat waktu pemulihan pasien yang terjakit virus corona.

"Tiongkok saat ini telah menyelesaikan uji klinis favipiravir, bahan utama dalam Avigan," kata Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang.

Setelah melakukan dua fase uji coba Avigan di Tiongkok, diketahui Avigan dapat mempersingkat waktu pemulihan pasien, tetapi Fujifilm tidak terlibat dalam program tersebut.

3. Avigan disetujui untuk disiapkan dan dijual di Jepang

Jepang Mulai Uji Coba Avigan untuk Obati Pasien Virus Corona Ilustrasi IDN Times/Aji

Saat ini Avigan diperbarui untuk disetujui dan dijual di Jepang sebagai obat antivirus untuk flu.

"Diharapkan Avigan memiliki efek pada virus corona baru, mempertimbangkan cara kerja obat pada virus itu," kata Fujifilm.

Para peneliti dan perusahaan di seluruh dunia saat ini tengah berlomba untuk menemukan obat bagi pasien virus corona COVID-19, dimana virus tersebut telah menyebabkan lebih dari 42.000 orang meninggal di seluruh dunia.

 

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN : Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com http://kitabisa.com/kitaidnlawancorona

https://www.youtube.com/embed/sM9g96mrMXE

Baca Juga: Obat untuk Pasien Virus Corona, Ini Kelebihan dan Kekurangan Avigan

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya