Comscore Tracker

Pria Jepang Terinfeksi Virus Corona, Ia Pernah Berkunjung ke Indonesia

Pria tersebut kini dalam perawatan intensif

Jakarta, IDN Times - Seorang pria Jepang berusia 60 tahun terinfeksi COVID-19 atau virus corona setelah melakukan perjalanan ke Indonesia pada 15-19 Februari 2020. Pria tersebut kini tengah mendapatkan perawatan medis di salah satu rumah sakit di Tokyo.

Situs berita NHK menyebutkan temuan baru kasus virus corona di Jepang ini telah dikonfirmasi oleh pemerintah setempat. 

1. Pria tersebut sempat berkunjung ke Indonesia

Pria Jepang Terinfeksi Virus Corona, Ia Pernah Berkunjung ke IndonesiaIlustrasi. Pegawai dari perusahaan layanan desinfektan menunggu untuk mensanitasi pasar tradisional di Seoul, Korea Selatan, pada 5 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Heo Ran

Baca Juga: Jepang Konfirmasi Kematian Pertama Akibat Virus Corona

NHK melaporkan pria berusia 60 tahun tersebut sempat memeriksakan dirinya ke fasilitas kesehatan pada 13 Februari 2020. Saat itu ia mengalami gejala flu. Namun ia dipulangkan pada hari yang sama karena tidak terbukti sakit.

Keesokan harinya, pada 14 Februari, pria tersebut menghabiskan harinya di rumah. Lalu, pada 15 Februari, pria itu terbang ke Indonesia bersama keluarganya. Baru pada 19 Februari ia kembali ke Jepang dan mengalami dispnea atau gangguan pernapasan parah. Hanya saja tak disebutkan ke mana saja pria tersebut selama berada di Indonesia.

Tokyo Novel Coronavirus Infectious Disease Control Center di Tokyo kemudian menyatakan pria tersebut positif terinfeksi virus corona. Laporan yang sama juga menyebutkan pria tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke Tiongkok dalam waktu 14 hari sebelum munculnya gejala terinfeksi virus corona.

2. Dua penumpang kapal pesiar Diamond Princess meninggal di Jepang

Pria Jepang Terinfeksi Virus Corona, Ia Pernah Berkunjung ke IndonesiaSejumlah penumpang melihar keluar dari balkon kapal pesiar Diamond Princess di Terminal Kapal Dermaga Daikoku di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, pada 19 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-hoon

Sebelumnya pada 20 Februari lalu, dua penumpang kapal pesiar Diamond Princess juga meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona. Ini adalah kematian pertama di antara para tamu dan kru kapal yang dikarantina di Pelabuhan Yokohama, Jepang.

Pemerintah Jepang, seperti dikutip dari NHK, keduanya adalah warga negara Jepang. Masing-masing adalah laki-laki berumur 87 tahun dan perempuan 84 tahun. Keduanya dilaporkan mempunyai masalah kesehatan sebelumnya. Laki-laki itu mulai masuk rumah sakit pada 11 Februari, sedangkan yang perempuan keesokan harinya.

3. Kematian Akibat COVID-19 di Jepang pertama kali dilaporkan pada 13 Februari

Pria Jepang Terinfeksi Virus Corona, Ia Pernah Berkunjung ke IndonesiaSeorang anggota tim pencegahan dan pengendalian virus corona berkomunikasi melaluai walkie-talkie dengan rekannya di dalam ruang laboratorium di Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Ningxia di Yinchuan, Wilayah Otonomi Ningxia Chui, Tiongkok, pada 2 Februari 2020. ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS

Jepang melaporkan kasus kematian yang menimpa warganya akibat virus COVID-19 sejak 13 Februari yang lalu.

Pasien virus corona di Jepang yang pertama kali meninggal adalah seorang perempuan usia 80-an tahun. Ia merupakan warga Perfektur Kanagawa yang berlokasi dekat dengan ibu kota Tokyo. Pemerintah Jepang melaporkan pada Kamis (13/2).

Perempuan tersebut mendatangi rumah sakit pada 22 Januari lalu, dan mengaku mengalami letih. Sejak itu, dokter memonitor kondisi kesehatannya hingga ia didiagnosis menderita pneumonia hingga harus dirawat inap di rumah sakit pada 1 Februari.

Lima hari kemudian, kondisi pernapasannya menurun. Ia pun dipindahkan ke rumah sakit lain untuk mendapatkan perawatan lebih intensif. Pada Rabu (12/2), ketika kesehatannya memburuk, dokter melakukan tes dan hasilnya menunjukkan ia positif terinfeksi virus corona.

Tragisnya, hasil tes keluar setelah perempuan tersebut wafat. Tak ada catatan ia pernah bepergian ke luar negeri.

Baca Juga: Virus Corona: 2 Penumpang Diamond Princess Asal Jepang Meninggal

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya