Joe Biden Tunjuk Politisi Gay sebagai Menhub AS

Pertama kali dalam sejarah AS

Washington D.C., IDN Times - President AS terpilih Joe Biden pada hari Selasa (15/12), mengumumkan jika dirinya menunjuk Pete Buttigieg sebagai calon Menteri Perhubungan AS untuk kabinetnya nanti.

Keputusan yang diambil Joe Biden ini menjadi sebuah perbincangan besar di Amerika Serikat dikarenakan apabila pencalonan Pete Buttigieg sebagai Menteri Perhubungan AS untuk kabinet Biden kedepannya disetujui oleh Senat AS, maka Buttigieg akan menjadi menteri gay pertama dalam sejarah Amerika Serikat, seperti yang dilansir dari USAToday

1. Lawan politik Biden selama pencarian nominasi calon presiden perwakilan Partai Demokrat

Joe Biden Tunjuk Politisi Gay sebagai Menhub ASPresiden AS terpilih, Joe Biden, dan Pete Buttigieg. twitter.com/PeteButtigieg

Pete Buttigieg bukanlah seorang politisi biasa yang sekadar ditunjuk oleh Biden, namun ia pernah menjadi lawan politiknya. Dikutip dari CNBC, Buttigieg sempat masuk ke dalam daftar nominasi calon Presiden AS untuk mewakilkan Partai Demokrat, tetapi ia memilih mundur karena popularitas Joe Biden yang lebih unggul dan dirinya pun langsung mendukung Biden untuk memenangkan Pilpres AS 2020.

Meskipun tercatat adanya rivalitas di antara mereka, Buttigieg mengenyampingkan itu semua dan berusaha mempopulerkan Biden agar Masyarakat AS memilih Joe Biden sehingga dapat memenangkan kursi kepresidenan. Joe Biden dan Kamala Harris akhirnya resmi memenangkan Pilpres AS 2020 dengan sistem perhitungan suara versi Electoral College yang baru disahkan beberapa waktu lalu.  

2. Mencetak sejarah baru bagi Pemerintahan Amerika Serikat

Baca Juga: Jadi Presiden AS, Siapa yang Bakal Dipilih Joe Biden Pimpin The Fed?

Belum pernah ada dalam sejarah pemerintahan di Amerika Serikat seorang penyuka sesama jenis menduduki salah satu kursi kabinet. Terpilihnya Pete Buttigieg yang merupakan seorang gay dan telah menikahi suaminya Chasten di tahun 2018, sebagai Menteri Perhubungan AS yang akan datang, dapat mencetak sejarah baru bagi evolusi tatanan orientasi seksual dalam pemerintahan di Amerika Serikat, dilansir dari VOA.

Biden memang secara terbuka menyatakan bahwa dirinya tidak akan menutup kesempatan bagi orang-orang penyuka sesama jenis dan komunitas LGBT untuk menduduki kursi eksekutif di masa kepemimpinannya. Pete Buttigieg sebelumnya juga sempat mencuri perhatian karena dirinya merupakan orang gay pertama yang berhasil masuk nomasi calon Presiden AS perwakilan Partai Demokrat. 

3. Sepak terjang Pete Buttigieg diakui Joe Biden

Terdapat alasan tertentu yang membuat Presiden AS terpilih Joe Biden menunjuk Pete Buttigieg sebagai Menteri Perhubungan AS. Dilaporkan CNBC, Biden dan tim ahlinya mengakui keberhasilan Buttigieg ketika ia masih menjabat sebagai Walikota South Bend dimana dirinya sukses memajukan kota itu, terutama di bidang inovasi dan pertumbuhan lapangan pekerjaan. 

Kota South Bend sebelumnya termasuk ke dalam daftar 'kota-kota sekarat' di Amerika Serikat karena lambatnya pertumbuhan dan pembangunan. Tetapi, berkat mantan walikota mereka, Pete Buttigieg, Kota South Bend terus berkembang hingga saat ini. Sepak terjang inilah mengapa Joe Biden yakin Buttigieg dapat membantu dalam programnya untuk memperbaiki kondisi jalanan dan jembatan di seluruh penjuru AS.

Baca Juga: Transisi Pemerintahan dari Trump ke Biden Akhirnya Dimulai

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya