Comscore Tracker

Melirik Perayaan Hari Bastille di Masa Pandemi COVID-19

Perayaan ke-231 ini dilakukan saat pandemi

Paris, IDN Times - Republik Prancis dipimpin Presiden Emmanuel Macron pada hari Selasa (14/07), memperingati Hari Bastille ke-231 yang diselenggarakan di Place de la Concorde yang terletak di alun-alun Kota Paris.

Perayaan Hari Bastille kali ini terlihat berbeda karena dilaksanakan ketika pandemi COVID-19 sedang berlangsung dimana setidaknya 30.000 Masyarakat Prancis telah kehilangan nyawanya akibat virus mematikan tersebut, seperti yang dilansir dari Reuters.

1. Keterlibatan militer diperkecil dari biasanya

Melirik Perayaan Hari Bastille di Masa Pandemi COVID-19Prajurit Prancis sedang mengikuti upacara peringatan Hari Bastille, pada 14 Juli 2020. twitter.com/Armees_Gouv

Setelah sekian lama, perayaan Hari Bastille yang biasanya dipenuhi oleh parade Militer Prancis secara besar-besaran, pada tahun ini harus berbeda. Dikutip dari Reuters, Pemerintah Prancis memilih untuk mengecilkan keterlibatan militer dalam perayaan Hari Bastille dikarenakan Prancis dan wilayah Eropa masih terkepung oleh COVID-19.

Selama upacara berlangsung tank-tank dan kendaraan militer Prancis yang sangat canggih tidak dilibatkan sama sekali. Prancis hanya menerjunkan 2.000 prajurit dari berbagai kesatuan dengan menerapkan social distancing dan atraksi udara menggunakan pesawat-pesawat termuktakhir yang dimilikinya. Meskipun tidak meriah seperti biasanya, Pemerintah Prancis selalu mengupayakan agar perayaan Hari Bastille 2020 tetap berkesan. 

2. Menjadi perayaan Hari Bastille pertama di luar Champs Elysees sejak 1980

Melirik Perayaan Hari Bastille di Masa Pandemi COVID-19Prajurit Prancis mengibarkan bendera Prancis di alun-alun Place de la Concorde, pada 14 Juli 2020. twitter.com/SebLecornu

Perbedaan yang mencolok juga terjadi dengan berubahnya lokasi utama perayaan Hari Bastille. Dari tahun 1980 hingga 2019, Pemerintah Prancis selalu menggunakan Jalan Champs Elysees yang legendaris untuk memamerkan kekuatan militernya dan memperingati hari-hari penting, salah satunya adalah Hari Bastille.

Tetapi, dalam perayaan Hari Bastille ke-231 yang jatuh pada tanggal 14 Juli 2020 ini, Prancis menggunakan Place de la Concorde yang merupakan alun-alun terbesar yang dimiliki Paris, dilansir dari AlJazeera. Dipilihnya Place de la Concorde dikarenakan Pemerintah Prancis tidak ingin menarik keramaian di tempat yang ikonik seperti Jalan Champs Elysees. Selama upacara berlangsung, Masyarakat Prancis sendiri juga dilarang mendekat ke lokasi parade dan diminta untuk memperingatinya dari rumah saja. 

3. Perayaan Hari Bastille 2020 didedikasikan untuk tenaga kesehatan

Melirik Perayaan Hari Bastille di Masa Pandemi COVID-19Prajurit dan Tenaga Kesehatan Prancis terlihat berdiri sambil mengibarkan bendera Prancis, pada 14 Juni 2020. twitter.com/Djebbari_JB

Sampai saat ini Pemerintah Prancis masih berusaha sebisa mungkin untuk mengendalikan penyebaran infeksi COVID-19 di negaranya. Selama pengendalian tersebut, banyak tenaga medis yang gugur maupun terpapar COVID-19 demi menyelamatkan Prancis dari kehancuran total karena pandemi. Seperti yang dilaporkan BBC, khusus untuk perayaan Hari Bastille 2020, Presiden Emmanuel Macron menyampaikan bahwa upacara ini adalah untuk mengingat para tenaga kesehatan yang telah dan terus berjuang untuk keberlangsungan Prancis.

Macron juga berpesan, "saya berharap, seluruh Warga Prancis, seluruh Angkatan Bersenjata, untuk memberikan penghormatan penuh kepada petugas kesehatan dan mereka yang, telah memungkinkan kehidupan publik, sosial dan ekonomi terus belanjut", ujarnya ketika parade berlangsung.

Namun, beberapa dari masyarakatnya ternyata tidak senang dengan kebijakan Prancis di tengah COVID-19, secara khusus dalam kebijakan kesehatan. Terlihat beberapa orang berdemo untuk menuntut pertanggungjawaban kegagalan pemerintah dalam melindungi warganya dan kurangnya masker serta pemotongan biaya kepada tenaga medis yang sedang berjuang di garis depan. 

Baca Juga: 6 Fakta Penjara Bastille, Saksi Bisu Kelamnya Revolusi Prancis

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya