Rusia Mulai Kirim Rudal S-400 ke India 

Pengiriman dilakukan lewat jalur darat dan udara

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Kerjasama Militer Rusia Dmitry Shugayev menjelaskan jika proses pengiriman sistem pertahanan udara S-400 ke India sudah dimulai. Pernyataan itu disampaikannya, Minggu (14/11) ketika sedang menghadiri pameran dagang kedirgantaraan di Kota Dubai, UEA.

Menurut Shugayev, rudal S-400 yang dibeli India akan tiba secepatnya pada akhir tahun 2021, seperti yang dilansir dari Reuters.

Konfirmasi tersebut senada dengan pernyataan Marsekal Udara India V. R. Chaudhari pada Oktober yang memastikan semua mekanisme sesuai target. Proses pengiriman dikabarkan akan menggunakan jalur darat dan udara.

1. Pengeculian CAATSA untuk India belum terjamin 

Rusia Mulai Kirim Rudal S-400 ke India Ilustrasi bendera Republik Rakyat Tiongkok dan Amerika Serikat. twitter.com/denizsanal

Meskipun S-400 sangat dinanti-nanti oleh India, namun kondisi geopolitik harus bermain. Dikutip dari Reuters, pemerintah Amerika Serikat (AS) telah menegaskan posisi India belum bisa diabaikan begitu saja oleh Countering America's Adversaries Through Sanctions Act atau Undang-Undang Penentang Lawan Amerika Melalui Sanksi.

Hal ini dikarenakan Washington masih mempertimbangkan kedudukan India yang strategis guna menghalang ekspansi Tiongkok. Sebelumnya, AS tidak pernah pandang bulu dalam penerapan CAATSA baik negara itu adalah sekutunya ataupun bukan.

Turki yang merupakan sekutu Washington di NATO menjadi korban CAATSA setelah membeli S-400 dari Rusia. Alhasil AS menjatuhkan sanksi individual terhadap beberapa pejabat pemerintah dan militer Turki. 

2. Rudal S-400 memberi keuntungan besar bagi militer India 

Rusia Mulai Kirim Rudal S-400 ke India Sistem Pertahanan Udara S-400 milik Federasi Rusia yang selalu dikhawatirkan Pasukan NATO. twitter.com/mod_russia

Baca Juga: PM India Dijadwalkan Bertemu dengan Pejabat Kashmir Pro-India

Keputusan Delhi membeli S-400 dari Moskow memberikannya keuntungan strategis di Kawasan Asia Selatan. Melansir Times of India, sebagai salah satu sistem pertahanan terbaik di dunia, S-400 dapat mendukung pertahanan udara yang dibutuhkan India karena jarak efektif yang mencapai 400 km. 

Ancaman pesawat jet tempur, pembom, dan bahkan rudal penjelajah dapat dengan cepat dicegat oleh S-400. Walaupun belum pernah terbukti di medan pertempuran, tetapi keluarga dari S-400 sendiri, yaitu S-300, berhasil menunjukkan taringnya di Suriah ketika melindungi Kota Damaskus dari ancaman rudal Israel. 

3. Presiden Putin berencana kunjungi Delhi 

Rusia Mulai Kirim Rudal S-400 ke India Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri India Narendra Modi. twitter.com/CnnMhee

Kedatangan S-400 yang dijadwalkan Desember 2021 ternyata beriringan dengan kunjungan orang nomor satu dari Rusia. Dilaporkan The Hindu, Presiden Rusia Vladimir Putin disebut berencana melawat ke India pada minggu awal Desember.

Kehadiran Putin di India bertujuan untuk melaksanakan pertemuan tahunan Rusia-India dan dialog kementerian 2+2.

Selain itu, Rusia dan India juga akan menandatangani beberapa kesepakatan kerjasama seperti, bidang pertahanan, ekonomi, perdagangan, dan energi. Tidak berhenti di sana, keduanya juga akan membahas perkembangan situasi terkini yang terjadi di Afghanistan. 

Baca Juga: India: Rumah Sakit Kebakaran, 4 Bayi Meninggal

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya