Setelah 12 Tahun, Yunani & Macedonia Kembali Terhubung via Udara

Perselisihan 12 tahun akhirnya selesai

Athena, IDN TIMES - Pemerintah Yunani dan Macedonia, pada hari Kamis (01/11/2018) kembali menghubungkan kedua negara melalui penerbangan pesawat komersial. Momentum besar ini menjadi bukti baru hubungan yang membaik antara Macedonia dan Yunani setelah perselisihan 12 tahun atas penggunaan nama "Macedonia" yang berhasil diselesaikan pada bulan Juni lalu, seperti yang dilansir dari Reuters.

1. Athena dan Skopje akhirnya terhubung

Setelah 12 Tahun, Yunani & Macedonia Kembali Terhubung via Udarakeeptalkinggreece.com

Sebelumnya, kedua negara masih memperbolehkan pesawat komersial mereka untuk terbang dan mendarat di Skopje maupun Athena. Melihat tindakan Macedonia yang mengubah nama bandara mereka menjadi "Skopje Alexander yang Agung" hal ini membuat penerbangan komersial pada tahun 2006 antar kedua negara dihentikan karena protes Yunani, dikutip dari Reuters.

Ketika perselihan selesai, akhirnya pada tanggal 01/11/2018 pesawat pertama dari Athena (ibu kota Yunani) pukul 18.40 sore dengan tujuan Skopje (ibu kota Macedonia) berangkat. Maskapai yang akan bertanggung jawab atas penerbangan Skopje-Athena maupun sebaliknya adalah maskapai terbesar Yunani, Aegean Airlines, dengan 2 kali penerbangan dalam seminggu.

Baca Juga: Para Arkeolog Temukan Salinan Tertua Salah Satu Sejarah Penting Yunani

2. Wakil Perdana Menteri Macedonia menjadi penumpang pertama

Wakil Perdana Menteri Macedonia (FYROM), Bujar Osmani, dan rombongannya menjadi penumpang pertama penerbangan bersejarah untuk kedua negara. Dikutip dari BBC, Bujar Osmani pada saat itu masih berada di Yunani untuk membahas perjanjian bersama Pemerintah Yunani bahwa Macedonia akan mengubah nama negara mereka menjadi "Republik Macedonia Utara".

Ia pun bersama rombongannya mendapat tiket bersejarah untuk menjadi penumpang pertama dengan dibukanya kembali jalur udara antara Skopje dan Athena.

3. Masalah selesai, hubungan kedua negara mulai membaik

Setelah 12 Tahun, Yunani & Macedonia Kembali Terhubung via UdaraBBC.com

Perselisihan atas penggunaan nama "Macedonia" oleh negara bekas Republik Yugoslavia ini dengan Yunani menyebabkan keduanya berada di posisi yang paling rentan. Macedonia yang sampai saat ini dikenal dengan FYROM (Former Yugoslav Republic of Macedonia), selalu menunjukkan kepada dunia bahwa mereka adalah Republik Macedonia dan hal ini memicu permasalahan ketika daerah Yunani yang berbatasan langsung dengan FYROM kebetulan memiliki nama yang sama yaitu, Macedonia.

Khawatir FYROM dapat mengambil alih wilayah tersebut, konflik diplomatik antar kedua negara tidak bisa dihindari. Meskipun begitu, semua ini dapat diselesaikan ketika FYROM menyetujui perjanjian bersama Yunani mengenai penyelesaian masalah tersebut pada bulan Juni 2018.

Kedua negara akhirnya mulai semakin terbuka antara satu dengan lainnya dan hubungan mereka semakin harmonis setiap saat, contohnya seperti dibukanya jalur udara dan pengubahan nama bandar udara Macedonia yang pernah menjadi pemicu masalah.

Baca Juga: Protes Penggunaan Nama Macedonia, Ratusan Ribu Warga Yunani Demo

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya