Comscore Tracker

Turki Klaim Jet Tempur Yunani Usik Kapal Risetnya 

Ketegangan baru antara Yunani dan Turki?

Ankara, IDN Times - Pemerintah Republik Turki pada hari Selasa (23/02), mengklaim jika Kapal Riset AL Turki, TCG Çeşme, diusik oleh beberapa jet tempur milik AU Yunani ketika sedang berlayar di perairan Laut Aegea.

Tuduhan yang disampaikan Turki terjadi beberapa minggu setelah Kapal Riset TCG Çeşme mulai melaksanakan pengumpulan data di bagian utara Laut Aegea yang merupakan laut internasional dimana Pemerintah Yunani sempat menyuarakan protes mereka terhadap kegiatan riset tersebut, seperti yang dilansir dari Reuters.  

1. Kapal Riset Turki diganggu empat jet tempur F-16 Yunani

Turki Klaim Jet Tempur Yunani Usik Kapal Risetnya Jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Yunani. twitter.com/NedosVassilis

Berdasarkan informasi yang disampaikan Kementerian Pertahanan Turki aksi "pengusikan" yang dilakukan Angkatan Udara Yunani tidak lah main-main. Dikutip dari DailySabah, Kemhan Turki menjelaskan jika terdapat empat jet tempur F-16 milik AU Yunani yang terbang dengan ketinggian 1 km dari atas laut dimana mereka mencoba untuk menggangu proses eksplorasi kapal riset milik Turki. 

Tidak berhenti di situ, satu dari empat jet tempur juga dikabarkan meluncurkan suarnya ketika berjarak hanya sekitar 2 mil laut atau 3.7 km dari Kapal TCG Çeşme. Aksi tersebut mendapat kecaman keras dan Militer Turki bersumpah akan memberikan pembalasan yang setimpal kedepannya. 

2. Yunani tolak tuduhan Turki

Dengan minimnya bukti yang tersedia, Pemerintah Yunani menolak penuh klaim atau tuduhan yang disampaikan Ankara. Menurut pernyataan Kementerian Pertahanan Yunani, mereka menegaskan bahwa tidak ada satu pun dari pesawat tempurnya yang mengudara di sekitar Kapal Riset TCG Çeşme, sehingga tuduhan yang disampaikan Turki sama sekali tidak berdasar, dilansir dari Ekathimerini

Informasi tambahan dari Kemhan Yunani menyebutkan pesawat mereka yang memang sedang mengudara berada beberapa mil di barat daya dari lokasi pelayaran kapal riset. Meskipun begitu, Militer Yunani tidak memiliki informasi sama sekali mengenai aksi "pengusikan" yang dilakukan jet tempurnya terhadap Turki maupun adanya pergerakan dari jet tempur milik Turki sendiri di atas Laut Aegea. 

Baca Juga: Turki Kecam Kapal Jerman yang Inspeksi Kapal Turki di Pesisir Libya

3. Mengancam pelaksanaan proses dialog damai Yunani-Turki atas sengketa Laut Mediterania

Turki Klaim Jet Tempur Yunani Usik Kapal Risetnya Bendera Yunani dan Turki. twitter.com/YusufCatStevens

Proses damai yang tengah ditempuh Turki dan Yunani dalam menyelesaikan sengketa Laut Mediterania terpaksa dicemari dengan sebuah aksi yang masih belum dapat dipastikan kebenarannya. Dilaporkan Reuters, kedua negara direncakan untuk kembali bertemu di awal bulan Maret menjelang KTT Uni Eropa agar dapat melanjutkan pembahas dan dialog atas sengketa yang dimiliki.

Sebelumnya Turki dan Yunani sudah sempat melaksanakan proses dialog pada 25 Januari 2021 ketika Delegasi Yunani datang ke Istanbul. Ankara menjelaskan jika negara mereka siap melanjutkan negosiasi dalam kondisi apa pun bersama Yunani sehingga hubungannya bersama Uni Eropa dapat terus membaik. Namun, dengan kondisi terkini, belum dapat dipastikan apakah Turki akan menerima undangan Yunani untuk datang dan bernegosiasi di Kota Athena Maret nanti.

Baca Juga: Ditariknya Kapal Turki, Redamkan Perselisihan Turki dan Yunani

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya