Comscore Tracker

Daftar Negara yang Terima Pengunjung Tanpa Syarat di Tengah Pandemik

Negara-negara ini anggap COVID-19 seperti penyakit biasa

Jakarta, IDN Times - Dunia masih dikepung pandemi COVID-19. Sebagian besar negara masih membatasi atau bahkan menutup perbatasan mereka dari pengunjung asing. Kekhawatiran penyebaran varian baru yang sulit dikendalikan menjadi alasan utama mengapa kebijakan karantina masih diterapkan. 

Meskipun begitu, ada beberapa negara di dunia yang dilaporkan telah membuka perbatasannya bagi pengunjung asing tanpa harus menunjukkan syarat perjalanan. Tidak adanya syarat surat tes PCR ataupun antigen, sertifikat vaksin. Bahkan, ada pula negara yang tidak mewajibkan pengunjung dikarantina ketika tiba.

Berikut adalah daftar negara-negara yang membuka perbatasan dan mengangggap COVID-19 layaknya hanya sebuah penyakit biasa.  

Baca Juga: Singapura Bersiap Hidup dengan Strategi Baru Hadapi COVID-19

1. Meksiko

Daftar Negara yang Terima Pengunjung Tanpa Syarat di Tengah Pandemikunsplash.com/Jorge Aguilar

Pemerintah Meksiko mengizinkan pengunjung atau wisatawan asing masuk tanpa persyaratan khusus mulai Agustus 2021. Namun, Meksiko sendiri masih tercatat sebagai negara dengan potensi penyebaran COVID-19 yang tinggi, seperti dilansir CNN.

Per 15 September 2021, Meksiko melaporkan penambahan kasus positif harian sebesar 12.929 kasus, dengan 1.046 penambahan kasus kematian harian. Angka kematian tersebut merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

Sebelumnya, Meksiko sempat mengalami lonjakan kasus positif harian di akhir Agustus dengan rata-rata lebih dari 15 ribu kasus per hari. Meskipun sekarang angka tersebut mulai menurun, namun kasus positif di negara tersebut masih sulit dikendalikan di negara itu. 

2. Kolombia

Daftar Negara yang Terima Pengunjung Tanpa Syarat di Tengah Pandemikunsplash.com/FlaviaCarpio

Salah satu negara Amerika Latin ini baru membuka perbatasannya tanpa hambatan pada awal September lalu. Dikutip dari laman resmi pemerintah Kolombia, mengacu kepada keputusan pemerintah 9 September 2021, Kolombia mulai membuka seluruh pintu masuk negaranya, baik melalui udara, darat, dan laut.

Berkat pelonggaran ini wisatawan-wisatawan asing dapat berkunjung ke Kolombia tanpa harus mempersiapkan apa-apa. Perkembangan kasus harian COVID-19 di Kolombia juga terpantau melandai. Per 14 September, mereka melaporkan 1.435 kasus baru dan 26 penambahan kasus kematian. 

Baca Juga: Irak Terima 100 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 dari Italia

3. Kosta Rika

Daftar Negara yang Terima Pengunjung Tanpa Syarat di Tengah PandemikTaman Nasional Chirripo (instagram.com/axel.chava.27)

Sesuai dengan pembaharuan peraturan yang diterbitkan pemerintah Kosta Rika pada 1 Agustus 2021, seluruh pengunjung asing diizinkan masuk tanpa pengecualian. Berdasarkan laporan harian terakhir per 14 September 2021, Kosta Rika melaporkan 1.376 kasus positif baru dan tambahan 19 kasus kematian.  

Melansir Kayak.com, wisatawan asing yang tidak, belum dua kali, atau divaksinasi menggunakan vaksin selain Moderna, Pfizer, AstraZeneca, serta Janseen, diwajibkan memiliki asuransi bepergian ke Kosta Rika. Hal itu sebagai antisipasi apabila terjangkit COVID-19 ketika berada di negara itu. 

Baca Juga: Wilayah Fujian, China Alami Lonjakan Kasus Baru COVID-19

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya