Comscore Tracker

Berlian Berusia 300 Tahun Terjual Rp 94,1 Miliar Dalam Waktu 4 Menit

Orang kaya sih bebas ya...

Jenewa, IDN Times - Sebuah berlian biru langka yang ada di lingkungan kerajaan Eropa telah laku terjual dalam proses pelelangan di Jenewa, Selasa (15/5/2018). The Farnese Blue Diamond yang disebut-sebut berusia lebih dari 300 tahun ini laku dijual seharga 6,7 juta USD atau setara Rp 94,1 miliar.

1. Berlian ini dijual lewat situs rumah lelang Sotheby

Berlian Berusia 300 Tahun Terjual Rp 94,1 Miliar Dalam Waktu 4 Menitsothebys.com

Selain sudah berusia 300 tahunan, berlian biru ini semakin spesial menjadi hadiah pernikahan untuk Elizabeth Farnese, putri Adipati Parma, ketika ia menikah dengan Philip V dari Spanyol pada 1715. Berlian itu kemudian diturunkan dari generasi ke generasi, berpindah tangan dan lokasi dari Spanyol ke Prancis, Italia dan Austria.

Berlian itu diketahui berasal dari tambang Golconda di India dan memiliki kadar 6,1 karat.

2. Walau mahal, gak butuh waku lama agar berlian ini laku. Hanya empat menit dari penayangan di website, berlian ini sudah terjual

Berlian Berusia 300 Tahun Terjual Rp 94,1 Miliar Dalam Waktu 4 Menitsothebys.com

Proses lelang dan penjualan berlian ini bsia dibilang cukup singkat. Sejak penawaran dibuka di Sotheby, situs lelang, berlian ini sudah terjual hanya dalam kurun waktu empat menit. Harga yang ditawarkan juga melewati perkiraan rumah lelang yang berada di angka 3,5 juta USD hingga 5 juta USD.

3. Semakin terasa spesial karena berlian ini sempat menjadi bagian tiara Ratu Prancis. Berlian ini juga menjadi aksesori pakaian kerajaan

Berlian Berusia 300 Tahun Terjual Rp 94,1 Miliar Dalam Waktu 4 Menitsothebys.com

Spesialis Permata Sotheby, Daniela Mascetti mengatakan The Farnese Blue Diamond adalah permata yang bagus dan dirancang serta dibuat dengan baik. Di usia yang sudah ratusan tahun, berlian ini dalam kondisi baik.

Menurut situs lelang, berlian ini berbentuk buah pir dan sempat menjadi bagian dari tiara yang dimiliki oleh Ratu Prancis, Marie Antoinette. Berlian bersejarah ini sudah dipamerkan di London, New York, Singapura dan Taipei sebelum akhirnya laku di pelelangan.

4. Berliannya mewah banget gak sih?

Berlian Berusia 300 Tahun Terjual Rp 94,1 Miliar Dalam Waktu 4 Menitsothebys.com

Hingga saat ini identitas pembeli masih belum diketahui. Namun yang jelas, siapapun yang membelinya pasti bukan sembarang orang.

IAKT Photo Community Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You