Comscore Tracker

Bikin Album Pakai Uang Negara, Mantan Presiden Afsel Picu Kontroversi

Partai oposisi terus menyuarakan penolakan nih

Capetown, IDN Times-  Mantan Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma bikin pemerintah setempat geger. Jacob memulai 'perang politik' dengan pemerintah. Pasalnya, Jacob akan meluncurkan album lagu-lagunya. Jacob bahkan telah menandatangani kontrak rekaman. Yang jadi masalah, album itu didanai pemerintah daerah.

1. Langkah itu membuat Partai Opsisi Afrika Selatan kebakaran jenggot

Bikin Album Pakai Uang Negara, Mantan Presiden Afsel Picu Kontroversitwitter/president_jzuma

Dikutip BBC dan The Guardian pada Jumat (4/1/2018) , langkah yang diambil Jacob Zuma memicu kontroversi. Aliansi Demokratik yang merupakan Partai Oposisi menilai hal itu adalah sebuah pemborosan yang tidak berguna. Pasalnya pembuatan album itu akan dibiayai oleh Pemerintah Distrik eThekwini. Namun distrik eThekwini menilai jika pendanaan album Jacob Zuma adalah upaya untuk melestarikan warisan budaya.

2. Jacob Zuma selama ini kerap menyanyikan lagu Bring Me My Machine Gun di aksi unjuk rasa

Bikin Album Pakai Uang Negara, Mantan Presiden Afsel Picu Kontroversitwitter/presiden_JzUMA

Pihak partai oposisi, Zwakele Mncwango berpendapat jika anggaran pemerintah daerah harus digunakan untuk kebutuhan masyarakat. Dibanding mendanai album Jacob Zuma, Zwakele berpendapat jika anggaran itu lebih baik digunakan untuk membantu kaum muda mengembangkan bakat bermusik. Untuk ketahui, Distrik eThekwini mengabungkan kota pesisir Durban dan kota-kota sekitarnya di KwaZulu-Natal, provinsi rumah Zuma dan pusat pendukungnya.

Baca Juga: Gara-gara Insektisida, Jutaan Lebah Mati di Afrika Selatan

3. Lagu dinilai menjadi salah satu warisan budaya karena memainkan peran penting di sejarah Afrika Selatan

Bikin Album Pakai Uang Negara, Mantan Presiden Afsel Picu Kontroversitwitter/president_Jzuma

Selama perjuangan melawan kekuasaan kulit putih di Afrika Selatan, lagu memainkan peran penting dalam mendorong, memberikan dukungan dan meningkatkan moral para pengunjuk rasa. Taman Rekreasi dan Budaya e-Thekwini telah mengusulkan Jacob Zuma untuk membuat album.

Mereka mengaku selama ini kesulitan menemukan artis yang mencoba menghidupkan kembali lagu-lagu perjuangan. Dan Jacob Zuma, dinilai menjadi sosok yang tepat karena memiliki bakat dan pemahaman sejarah serta emosi yang baik.

4. Sebelumnya, Jacob Zuma dilengserkan karena tersangkut skandal korupsi

Bikin Album Pakai Uang Negara, Mantan Presiden Afsel Picu Kontroversitwitter/president_Jzuma

Untuk diketahui, Jacob Zuma lengser sebelum periode jabatannya habis. Ia dituduh melakukan tindak korupsi selama lebih satu dekade memimpin. Dalam kasusnya, negara telah membayar biaya hukum Jacob Zuma sebesar 1juta dolar AS dan 2,2juta dolar AS. Pada Desember silam, Pengadilan Afrika Selatan memutuskan jika Zuma harus mengembalikan uang yang telah digunakan negara untuk kasusnya.

Baca Juga: Punya Informasi Kasus Korupsi? Langsung Hubungi KPK di Call Centre 198

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya