Baghdad Diguncang Dua Bom Bunuh Diri, 38 Orang Tewas

Kuat dugaan ISIS di balik aksi mematikan ini

Irak, IDN Times - Aksi bom bunuh diri kembali terjadi. Ibu Kota Irak, Baghdad diserang dua bom bunuh diri, Senin (15/1/2018). Bom bunuh diri itu terjadi di jalanan yang sibuk di pusat Baghdad. Insiden itu menewaskan 38 orang dan 105 lainnya terluka.

1. Bom bunuh diri itu meledak di tempat perdagangan yang sibuk di pusat ibu kota Baghdad

Baghdad Diguncang Dua Bom Bunuh Diri, 38 Orang Tewasbbc

Dikutip dari Independent, pelaku melancarkan serangannya di jam-jam sibuk di Tayran Square yang dipenuhi pedagang dan para pencari kerja. Tayran Square sendiri adalah sebuah pasar elektronik dan pakaian bekas.

Tenaga medis langsung bergegas menuju lokasi kejadian dan petugas keamanan segera memasang police line untuk melakukan olah TKP. Trotoar berlumuran darah, sandal dan pakaian berserakan di mana-mana. Petugas kebersihan bergegas membersihkan puing-puing pasca ledakan.

Insiden ini cepat menyebar di media sosial. Beberapa foto di media sosial menampakkan tubuh tak bernyawa dan potongan anggota tubuh.

2. Serangan tersebut terjadi sehari setelah Perdana Menteri Haider al-Abadi dan politisi lainnya mengumumkan koalisi menjelang pemilihan nasional

Baghdad Diguncang Dua Bom Bunuh Diri, 38 Orang Tewassinclairstoryline

Tidak ada kelompok yang mengklaim insiden itu. Namun tuduhan mengarah pada ISIS yang telah mengklaim serangan semacam itu di beberapa negara. Dua ledakan itu mengejutkan warga ibu kota Irak. Karena selama ini serangan besar telah menurun secara signifikan setelah pembebasan daerah itu dari ISIS.

Dilansir dari New York Times, serangan tersebut terjadi sehari setelah Perdana Menteri Haider al-Abadi dan politisi lainnya mengumumkan koalisi menjelang pemilihan nasional yang dijadwalkan digelar Mei mendatang. Sejak penggulingan Saddam Hussein pada tahun 2003, musim kampanye Irak telah diliputi serangan teroris dan aksi kekerasan lainnya.

3. Kedua bom meledak di lokasi yang saling berdekatan dan dalam kurun waktu yang tidak jauh berbeda

Baghdad Diguncang Dua Bom Bunuh Diri, 38 Orang Tewasindependent.co.uk

Masih belum jelas bagaimana kedua penyerang yang mengenakan rompi bom bunuh diri itu masuk ke Baghdad. Alasan mereka menyerang lokasi itu juga masih belum diketahui. Penyerang pertama meledakkan dirinya sekitar pukul 06.00 pagi waktu setempat saat matahari terbit.

Kala itu pekerja harian, pemilik toko dan pedagang kaki lima hendak membuka lapaknya. Menurut seorang petugas kepolisian, Mayor Muhammad Mudhir, saat warga heboh dan berupaya menyelamatkan korban yang terluka, penyerang kedua meledakan dirinya tidak jauh dari lokasi pertama.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya