Batasi Konsumsi, Cape Town Tak Jadi Kehabisan Air

Bisa bayangin gak, apa jadinya kalau di dunia ini gak ada air?

Cape Town, IDN Times - Day Zero atau hari di mana Cape Town habisan air terus mundur. Setelah sebelumnya pemerintah mengumumkan Cape Town akan kehabisan air pada April, kini masyarakat setidaknya masih bisa menikmati air hingga 27 Agustus.

Kondisi itu terjadi berkat pembatasan konsumsi air yang dilakukan pemerintah. Warga juga secara konsisten melakukan penghematan air. Selain itu, hujan musiman juga membuat persediaan air setidaknya bertambah, meski tidak signifikan.

1. Penghematan dan pembatasan penggunaan air membuat konsumsi air menurun hingga 60 persen

Batasi Konsumsi, Cape Town Tak Jadi Kehabisan Airindependent.co.uk

Diwartakan oleh BBC dan The Independent, pemerintah setempat telah menetapkan batas penggunaan maksimal warga sebanyak 50 liter per hari. Jika penghematan air terus dilakukan, bukan tidak mungkin jika warga Cape Town akan bebas dari ancaman kekeringan di tahun 2018.

Mmusi Maimane, pemimpin Aliansi Demokratik mengatakan konsumsi air telah dipangkas 60 persen dalam dua tahun. Cape Town terpaksa mengambil langkah drastis untuk mengurangi penggunaan air.

Termasuk memberikan sanksi sosial kepada alamat-alamat yang menggunakan air paling banyak dan gagal mengikuti aturan pembatasan penggunaan air 50 liter per hari.

2. Meski berhasil keluar dari ancaman kehabisan air tahun ini, warga Cape Town masih dibayangi ancaman kekeringan jika curah hujan rendah

Batasi Konsumsi, Cape Town Tak Jadi Kehabisan Aireuronews.com

Meskipun ancaman kehabisan air tahun ini bisa dilewati dengan susah payah, para pakar memperingatkan, krisis air masih akan menghantui warga Cape Town. Apalagi curah hujan di wilayah Cape Town dari tahun ke tahun terus menurun.

Wakil Eksekutif Walikota Cape Town, Ian Neilson mengatakan penetapan Day Zero tanggal 27 Agustus 2018 itu dengan perhitungan tidak ada curah hujan sama sekali. Namun kemungkinan Day Zero akan terus mundur seiiring turunnya hujan. Hujan di Cape Town biasanya dimulai pada April atau Mei bahkan Juni.

"Jika curah hujan tahun ini serendah tahun lalu atau lebih rendah lagi, kita akan kehabisan air awal tahun depan," ujarnya.

3. Bukan hanya pembatasan penggunaan air, sejumlah hotel mengganti air kolam renang dengan air asin Para turis diminta untuk mandi tidak lebih dari 90 detik

Batasi Konsumsi, Cape Town Tak Jadi Kehabisan Aireuronews.com

Selain pembatasan penggunaan air di masyarakat, penghematan juga dilakukan di tempat-tempat umum. Bar dan restoran mematikan keran toilet mereka dan pelanggan diminta menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

Beberapa kolam renang hotel diubah menjadi air asin. Bukan hanya itu wisatawan juga diminta untuk mandi tidak lebih dari 90 detik.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya