Comscore Tracker

Ajaib! Musisi Ini Bermain Gitar Saat Menjalani Operasi Tumor Otak

Seperti mustahil, tapi ini benar terjadi lho!

Johannesburg, IDN Times - Menjalani operasi besar tentu menegangkan. Apalagi operasi yang dijalani adalah operasi pengangkatan tumor otak. Namun musisi jazz asal Afrika Selatan, Musa Manzini berhasil melewatinya dengan baik Tanpa obat bius, dia berhasil melewati operasi pengangkatan tumor otak selama enam jam dengan bantuan gitarnya.

1. Selama operasi berlangsung, Musa memainkan gitarnya

Ajaib! Musisi Ini Bermain Gitar Saat Menjalani Operasi Tumor Otakstuff.co.nz

Dikutip reuters pada Senin (24/12), operasi dilakukan di rumah sakit di Durban. Operasi secara sadar dilakukan setelah berbagai pertimbangan dokter. Selain membantu Musa merasa rileks, bermain gitar saat operasi membantu para dokter untuk mengidentifikasi area tertentu di otaknya yang terganggu.

Untuk diketahui, Musa Manzini menderita tumor yang berasal dari kondisi neurologis yang dideritanya sejak tahun 2006. Tumor ini mempengaruhi keterampilan motorik Musa. Sementara, sebagai musisi, ia dituntut memiliki jari-jari yang terampil.

2. Operasi itu berjalan lancar dan Musa sudah tidak sabar untuk kembali bermusik

Ajaib! Musisi Ini Bermain Gitar Saat Menjalani Operasi Tumor Otaki2.wp.com

Dalam video yang bereda, Musa terlihat memetik gitarnya ketika dokter 'mengulik' otaknya. Operasi itu berjalan lancar. Operasi diketahui berlangsung pada pekan lalu. Musa menyebutkan menjalani operasi dalam keadaan sadar adalah sebuah momen yang cukup menegangkan. Meski ia bermain musik, ia sempat merasa canggung dan khawatir karena mendengar suara alat-alat dioperasikan di dalam tengkoraknya. Ia mengaku operasi yang dilakukannya berisiko tinggi karena salah sedikit, kelumpuhan sudah menanti. 

3. Begini kira-kira aksi Musa saat dioperasi

https://www.youtube.com/embed/MgyhcH-BoUY

Usai operasi, Musa mengucapkan terimakasih pada ahli bedah dan tim kesehatan lainnya yang telah membantunya pulih. Musa mengaku tidak sabar untuk kembali sehat seperti sedia kala dan kembali ke studio untuk melakukan rekaman. Ia mengaku memiliki banyak bahan lagu yang sudah ditulis dan masih membutuhkan sentuhannya. Lekas sembuh Musa!

IAKT Photo Community Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You