Peralatan Makan Adolf Hitler Terjual Rp 234 Juta di Tempat Lelang

Ini set pertama dari 3000 set yang diproduksi

Peralatan makan yang dibuat untuk Adolf Hitler pada ulang tahunnya ke-50, terjual di sebuah rumah lelang seharga 12.500 poundsterling atau setara Rp 234 Juta. Peralatan makan perak itu merupakan bagian dari 3000 set alat makan yang dibuat untuk pimpinan Nazi pada April 1939, dan ditemukan di Dorset dan diduga dimiliki oleh seorang perwira militer senior.

1. Peralatan makan ini menjadi kado ulang tahun ke-50 Hitler

Peralatan Makan Adolf Hitler Terjual Rp 234 Juta di Tempat Lelanghistoryonthenet.com

Dikutip BBC dan New Sky, ada dua pisau, tiga sendok dan tiga garpu itu diciptakan untuk digunakan Hitler selama acara-acara resmi.

Penjualan memorabilia Nazi di Inggris sebenarnya sempat menuai pro dan kontra. Anggota parlemen sebelumnya mendesak larangan penjualan barang-barang yang berkaitan tentang Nazi. Facebook juga telah didesak untuk memblokir penjualan relik Nazi.

2. Peralatan perak ini dibuat pada tahun 1939 oleh perajin Jerman, Bruckmann & Shone

Peralatan Makan Adolf Hitler Terjual Rp 234 Juta di Tempat Lelangnews.sky.com

Rumah Lelang Charterhouse Sherborne mengatakan, peralatan makan ini merupakan bagian besar dari sejarah. Richard Bromell, perwakilan rumah lelang mengatakan ada sekitar 3000 buah alat makan yang diproduksi untuk ulang tahun ke-50 Hitler.

Dan yang terjual di pelelangan kali ini adalah set pertama dalam waktu 33 tahun ke belakang. Beberapa diketahui hilang, terkubur di bawah reruntuhan.

3. Ada simbol swastika, termasuk inisial Adolf Hitler di peralatan makan itu

Peralatan Makan Adolf Hitler Terjual Rp 234 Juta di Tempat Lelangnews.sky.com

Karena untuk Hitler, peralatan makan ini membuat simbol Nazi, swastika dan juga inisial Adolf Hitler. Satu set peralatan makan itu dibuat oleh perajin perak Jerman Bruckmann & Shone dan dibuat dari logam berwarna perak.

Barang-barang itu dibeli oleh satu pembeli online tetapi rumah lelang tidak memberikan rincian lebih lanjut.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya