Meninggal Usia 93 Tahun, Ini Kesuksesan Mantan PM India AB Vajpayee

Jasanya untuk India memang besar...

New Delhi, IDN Times - India berduka. Mantan perdana menteri India tiga periode, Atal Bihari Vajpayee meninggal dunia pada usia 93 tahun pada Kamis (16/8/2018) waktu setempat.

Ia meninggal setelah dirawat di All India Institute of Medical Sciences di New Delhi sejak 11 Juni karena infeksi saluran ginjal. Dilansir BBC, dan New York Times berikut kesuksesan AB Vajpayee.

1. Dorong pengembangan senjata nuklir India

Meninggal Usia 93 Tahun, Ini Kesuksesan Mantan PM India AB Vajpayeenews.sky.com

Memimpin sejak tahun 1996 hingga 2004, AB Vajpayee mengejutkan dunia dengan mengakhiri moratorium uji coba senjata nuklir. Pada Mei 1998, ia memerintahkan uji coba nuklir di gurun Rajasthan. Langkah ini memang sempat membuat masyarakat internasional terdorong untuk memberikan sanksi.

Namun sebagian menilai langkah yang dilakukan merupakan gebrakan, dan membuat kemampuan nuklir India diakui masyarakat internasional.

2. Berhasil meredakan ketegangan hubungan dengan Pakistan

Meninggal Usia 93 Tahun, Ini Kesuksesan Mantan PM India AB Vajpayeebusinesstoday.in

Langkah uji coba nuklir itu sempat mengundang kekhawatiran perang nuklir dengan negara tetangganya, Pakistan. Meski begitu, AB Vajpayee berhasil meredakan ketegangan itu. Dengan menggunakan bus, Vajpayee memulai proses perdamaian bersejarah dengan Pakistan.

Selama ini hubungan India dan Pakistan sering kali tegang. Bahkan di tahun 1999, Perang Kargil pecah antar kedua negara itu. Pada tahun 2003, ketegangan mereda. Vajpayee dan Presiden Pakistan, Perves Musharraf bertemu dan kemudian menjalin hubungan diplomatik dan transportasi.

3. Sukses perbaiki hubungan India dengan Amerika Serikat

Meninggal Usia 93 Tahun, Ini Kesuksesan Mantan PM India AB Vajpayeenews.sky.com

Di sektor ekonomi, Vajpayee berhasil mendorong India untuk lebih 'mesra' dengan AS. Ia menyambut Presiden Bill Clinton pada tahun 2000 kemudian memperkuat ikatan dengan janji dukungan untuk Amerika Serikat setelah serangan teroris pada 11 September 2011. Vajpayee juga sukses menyelesaikan sengketa perbatasan dengan Tiongkok yang sudah berlangsung lama. 

4. Lakukan persamaan hak untuk warga Non Hindu

Meninggal Usia 93 Tahun, Ini Kesuksesan Mantan PM India AB Vajpayeenews.sky.com

Vajpayee termasuk pemimpin yang mendukung persamaan hak untuk Muslim, Kristen dan warga lainnya di India. Ia tidak ingin ada pengistimewaan pada warga Hindu sebagai masyarakat mayoritas. Ia menilai semua warga memiliki hak yang sama.

Partainya, Bharatiya Janata selama ini telah mencoba merusak identitas sekuler India dengan menciptakan negara Hindu. Namun Vajpayee melawan para militan di partainya. Dia juga memperjuangkan hak perempuan dan pemberantasan kasta. 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya