Rusia Berhasil Uji Coba Rudal Hipersonik

Mulai unjuk kekuatan ya Rusia

Moskow, IDN Times - Rusia telah berhasil menguji coba peluncuran rudal hipersonik, pada Sabtu (10/3/2018). Uji coba ini disebut-sebut berjalan sukses. Diberi nama Kinzhal, rudal ini menjadi satu dari sekian senjata bertenaga nuklir yang dibangga-banggakan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

1. Kinzhal diluncurkan dari sebuah jet tempur MiG-31

Rusia Berhasil Uji Coba Rudal Hipersoniksputniknews.com

Dikutip dari BBC dan The Guardian, Kementerian Pertahanan Rusia merilis rekaman video yang menunjukkan rudal tersebut lepas dari sebuah jet tempur dan meninggalkan jejak-jejak api di belakangnya. Kinzhal diluncurkan dari jet tempur MiG-31 yang take off di lapangan udara di daerah barat daya Rusia. Peluncuran itu berjalan sesuai rencana. Rudal hipersonik mengenai target sesuai dengan keinginan.

2. Presiden Putin menyebut rudal ini sebagai senjata yang tak terkalahkan

Rusia Berhasil Uji Coba Rudal Hipersoniksputniknews.com

Pada 1 Maret lalu, Presiden Vladimir Putin menggambarkan Kinzhal sebagai senjata ideal. Dia mengatakan Kinzhal adalah bagian dari senjata yang tak terkalahkan. Kinzhal sendiri adalah sebuah rudal yang dikabarkan melesat dengan kecepatan 10 kali suara dan bisa menempuh jarak 2.000 km.

3. Kinzhal mampu melesat dengan kecepatan 10 kali suara

Rusia Berhasil Uji Coba Rudal Hipersoniksputniknews.com

Selain berbicara mengenai rudal Kinzhal, dalam pidatonya, Putin juga memutar grafik video yang menunjukkan rudal yang menghujani negara bagian AS di Florida. Putin memang sedang berupaya menarik simpati. Pasalnya Rusia bakal menggelar pemilihan presiden 18 Maret mendatang.

Sekretaris Pertahanan AS, James Mattis mengatakan, apapun yang dilakukan Rusia tidak akan mempengaruh perspesktif Pentagon. Rusia tetap saja dianggap sebagai negara dengan kemampuan militer yang kurang.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya