Comscore Tracker

3 Tewas Akibat Serangan Kalajengking di Mesir 

Serangan kalajengking di Kota Aswan melukai ratusan orang

Jakarta, IDN Times - Serangan kalajengking di Kota Aswan, Mesir, setelah hujan lebat pada Sabtu (13/11/2021) dikabarkan telah menewaskan 3 orang dan menyebabkan sekitar 400 orang dilarikan ke rumah sakit untuk menerima obat penawar. Menurut pernyataan perwakilan dari Kementerian Kesehatan Mesir yang dikutip dari Middle East Monitor, terdapat 89 orang yang dirawat di Rumah Sakit Universitas Aswan akibat serangan kalajengking sedangkan ratusan lainnya dilarikan ke rumah sakit terdekat.

1. Diduga akibat hujan lebat yang terjadi di Kota Aswan 

Menurut pernyataan seorang pengamat ke media lokal yang dikutip oleh Times of Israel, hujan lebat menyebabkan berbagai hewan berbisa, seperti kalajengking dan ular harus keluar dari sarangnya untuk mencari perlindungan. Hujan lebat memang telah melanda Aswan sejak Jumat, badan meteorologi Mesir juga memprediksi hujan lebat juga akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan. Menanggapi itu, pemerintah lokal telah menyarankan warganya untuk tinggal dirumah dan menjauhi daerah dengan banyak pohon. Pembatasan perjalanan dan lalu lintas juga dilakukan karena berkurangnya jarak pandang akibat cuaca ekstrem.

2. Kementerian Kesehatan mengklaim ada cukup dosis obat penawar 

3 Tewas Akibat Serangan Kalajengking di Mesir Ilustrasi obat penawar racun. (unsplash.com/omid_roshan)

Pihak Kementerian Kesehatan berusaha meyakinkan publik bahwa tersedia cukup dosis obat penawar, yaitu sebanyak 3.350 dosis tersedia di Kota Aswan. Obat penawar itu digunakan sebagai langkah pencegahan dari gejala akibat sengatan ataupun ketika gejala sudah semakin parah. Gejala yang ditimbulkan akibat sengatan kalajengking ini antara lain, rasa sakit yang parah, demam, berkeringat, muntah, diare, tremor otot dan kepala berkedut. Para tenaga kesehatan yang sebelumnya menangani kasus Covid-19 juga dikerahkan untuk menagangani korban sengatan ini.

Baca Juga: Punya Racun Tingkat Tinggi, 5 Fakta Ilmiah tentang Kalajengking Kuning

3. Kalajengking ekor gemuk yang mematikan 

3 Tewas Akibat Serangan Kalajengking di Mesir Ilustrasi kalajengking ekor gemuk. (pexels.com/Sharath_G.)

Pegunungan Aswan memang dikenal sebagai rumah dari kalajengking ekor gemuk yang mematikan. Kalajengking ini memiliki nama ilmiah Androctonus crassicauda atau yang jika diterjemahkan dari bahasa Yunani berarti “pembunuh manusia”. Spesies ini memang dikenal sebagai salah satu spesies kalajengking paling mematikan di dunia. Racun kalajengking ini dikatakan mampu membunuh orang dewasa dalam waktu satu jam. Spesies ini juga dilaporkan menyebabkan beberapa kematian dalam satu tahun.

Baca Juga: Racun Kalajengking Memang Mahal, Ini 5 Fakta Menariknya

Leo Manik Photo Verified Writer Leo Manik

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya