Comscore Tracker

Ukraina Bangkit, Pemimpin Kherson: Menhan Rusia Silakan Bunuh Diri!

Menhan Rusia dinilai gagal pahami situasi di garis depan

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Kherson yang ditunjuk Rusia, Kirill Stremousov, menyalahkan pimpinan militer Moskow atas kemunduran di Ukraina. Menurut Kirill, kemunduran ini disebabkan oleh para jenderal militer dan menteri yang gagal memahami situasi di garis depan.

Kritikan ini disampaikan Kirill dalam sebuah pesan video berdurasi 4 menit pada Kamis (6/10/2022), dilansir Al Jazeera.

Kherson merupakan salah satu dari empat wilayah Ukraina yang dianeksasi oleh Rusia beberapa waktu lalu. Namun, akhir-akhir ini, tentara Ukraina kembali menunjukkan kemajuan dalam usahanya merebut kembali wilayah tersebut. 

1. Menteri Pertahanan Rusia dinilai tak becus urus invasi

Pada video tersebut, Kirill secara terbuka mengritik Menteri Pertahanan Rusia, Sergey Shoigu. Sebabnya adalah membiarkan kemunduran ini terjadi. Bahkan, Kirill menyebut sebaiknya Shoigu menembak dirinya sendiri atas kegagalannya.

Sergey Shoigu merupakan salah satu sekutu terdekat Presiden Rusia, Vladimir Putin. Shoigu diangkat sebagai Menteri Pertahanan Rusia pada 2012. Kedekatan keduanya tergambar saat mereka berlibur bersama di hutan dan pegunungan Tuva, tempat asal Shoigu.

Hingga saat ini, Kementerian Pertahanan Rusia belum memberikan komentar terkait kritik Kirill.

Baca Juga: Ogah Dikirim ke Ukraina, Warga Rusia Nekat Dayung Perahu sampai AS

2. Kirill puji keberanian tentara Rusia

Selain menyampaikan kritik, Kirill memuji keberanian prajurit Rusia yang berani mati di Ukraina. Menurutnya, kegagalan di Ukraina merupakan kesalahan dari hanya segelintir pimpinan militer Rusia yang tidak kompeten. 

"Kementerian pertahanan tidak hanya terdiri dari menteri, jenderal, penjarah korup dan berbagai sampah la