Ukraina Percepat Langkah untuk Gabung Uni Eropa

Presiden Komisi Eropa puji kesigapan Ukraina

Jakarta, IDN Times - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengumumkan bahwa Ukraina telah selesai mengisi dan mengirimkan kuisioner kedua yang diperlukan untuk memperoleh keanggotaan Uni Eropa. Pengumuman ini disampaikan oleh Zelenskyy melalui pidatonya pada Senin malam (9/5/2022), dilansir dari The Guardian.

""Hari ini, kami telah mengambil langkah lain, langkah yang sangat penting dan bukan hanya formal, dalam perjalanan kami menuju Uni Eropa," ujar Zelenskyy.

Baca Juga: Pernyataan Lengkap Dubes Uni Eropa soal Perang Rusia-Ukraina

1. Ukraina selesaikan kuisioner dengan cepat

https://www.youtube.com/embed/FBuJkvoZpkU

Zelenskyy juga menyampaikan bahwa timnya telah berhasil menyelesaikan kuisioner dalam waktu hanya beberapa minggu. Padahal, biasanya pengisian kuisioner ini memerlukan waktu beberapa bulan.

"Ukraina telah menyerahkan bagian kedua dari jawaban kuesioner khusus untuk diisi oleh masing-masing negara yang ingin menjadi bagian dari Uni Eropa. Biasanya memakan waktu berbulan-bulan. Tapi kami melakukan semuanya dalam beberapa minggu" kata Zelenskyy.

Baca Juga: Uni Eropa Kutuk Keras Invasi Rusia ke Ukraina, Ilegal!

2. Zelenskyy berharap Uni Eropa merespons dengan cepat

Ukraina Percepat Langkah untuk Gabung Uni EropaIlustrasi Bendera Uni Eropa. (unsplash.com/Christian_Lue).

Melalui sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor kepresidenan Ukraina, Zelenskyy menyatakan bahwa pihaknya akan menunggu keputusan dan penilaian dari Komisi Eropa. Ia juga menyampaikan harapannya agar Uni Eropa memberi respons positif dengan waktu yang cepat.

“Kami berharap akan menerima respons positif pada Juni terkait perolehan status kandidat UE oleh negara kami,” kata Zelenskyy.

Baca Juga: Uni Eropa Luncurkan Paket Sanksi Baru, Rusia Susun Serangan Balasan

3. Tanggapan Komisi Eropa

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, menyampaikan pujiannya kepada pemerintah Ukraina karena berhasil mengisi kuisioner tersebut dengan cepat. Ia juga menyampaikan bahwa Komisi Eropa akan meninjau kuisioner tersebut dan segera memberikan keputusan pada Juni tahun ini.

"Saya sangat terkesan dengan kecepatan Anda dalam menyiapkan jawaban atas kuisioner kami. Ini akan mendorong Komisi Eropa untuk bekerja lebih cepat,” kata Ursula von der Leyen, dilansir dari The Guardian.

Leo Manik Photo Verified Writer Leo Manik

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya