Sempat Positif COVID-19, Mantan Presiden India Pranab Mukherjee Wafat

Pranab Mukherjee wafat pada usia 84 tahun

Jakarta, IDN Times - Mantan Presiden India, Pranab Mukherjee, meninggal dunia pada Senin, 31 Agustus 2020. Pranab Mukherjee mengembuskan nafas terakhir pada usia 84 tahun.

Pranab Mukherjee, seperti dikutip dari ANTARA, sempat menjalani perawatan di rumah sakit setelah pada Senin lalu terserang infeksi paru-paru. Kondisi medisnya sendiri sebenarnya telah menurun sejak Minggu, 30 Agustus 2020. Sebelumnya Pranab Mukherjee juga sempat dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Mukherjee adalah politisi veteran yang menjabat sebagai menteri luar negeri dan keuangan pada pemerintahan India sebelumnya, yang dipimpin oleh partai Kongres dan sekarang menjadi oposisi.

"Dia meninggalkan jejak yang tak terhapuskan pada lintasan pembangunan bangsa kita," tulis Perdana Menteri India Narendra Modi. Modi juga mengunggah foto dirinya saat sedang menyentuh kaki Mukherjee sebagai tanda penghormatan.

"Seorang sarjana yang lebih hebat, seorang negarawan yang tinggi, dia dikagumi di seluruh spektrum politik dan oleh semua lapisan masyarakat," tulisnya.

Semenetara itu calon Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengunggah potret dirinya bersama Mukherjee. Dalam unggan itu dia mengatakan Mukherjee seorang yang taat dan mementingkan urusan negara.

"Jill dan saya sedih mendengar kematiannya --doa kami untuk orang yang dia cintai dan orang-orang India," tulis Joe Biden.

Baca Juga: 3 Negara Catat Kasus Harian COVID-19 Fantastis, India Kalahkan AS!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya