Menlu Jepang, Korsel, dan AS Rencanakan Pertemuan di Sela G20 Bali

Pertemuan trilateral untuk bahas Korut

Serang, IDN Times - Para Menteri Luar Negeri dari Korea Selatan, Amerika Serikat (AS), dan Jepang diperkirakan bakal mengadakan pertemuan trilateral tatap muka pertama mereka saat menghadiri G20 Foreign Ministers' Meeting (FMM) yang diselenggarakan di Bali, Indonesia.

Wakil Juru Bicara Kementrian Luar Negeri Korea Selatan, Ahn Eun Ju, mengungkapkan bahwa pertemuan ketiga negara tersebut akan dijadwalkan pada Jumat (8/7/2022).

1. Pertemuan trilateral akan digelar di sela-sela G20

Menlu Jepang, Korsel, dan AS Rencanakan Pertemuan di Sela G20 Baliilustrasi pertemuan trilateral Jepang, Korsel, dan AS (instagram.com/sukyeol.yoon)

Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Park Jin, dikonfirmasi telah meninggalkan Seoul untuk menghadiri G20 yang berlangsung selama dua hari di Bali.

Dalam kesempatan tersebut, Park akan berpartisipasi dalam pertemuan bersama Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. 

Menurut laporan The Korea Herald, agenda utama yang akan dibahas dalam pembicaran trilateral itu mengenai langkah-langkah konkret untuk memperkuat pencegahan provokasi nuklir Korea Utara, serta masalah regional lainnya termasuk invasi Rusia ke Ukraina.

Hal ini akan menjadi pertemuan pertama kalinya bagi Menteri Luar Negeri Jepang dan AS dengan rekan mereka dari Korea Selatan Park Jin, setelah menjabat pada Mei di bawah kepemimpinan Presiden baru Yoon Suk-yeol. 

Baca Juga: BP2MI Sudah Berangkatkan 58 Ribu Pekerja Migran ke Korea Selatan

2. Ketiga pemimpin negara telah bertemu lebih dulu

Menlu Jepang, Korsel, dan AS Rencanakan Pertemuan di Sela G20 Baliilustrasi pertemuan trilateral Jepang, Korsel, dan AS (instagram.com/sukyeol.yoon)

Sebelumnya, diketahui bahwa Presiden AS Joe Biden, Presiden Korsel Yoon Suk-yeol, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida telah mengadakan pembicaraan trilateral di sela-sela pertemuan KTT NATO yang berlangsung di Madrid pekan lalu.

Ketiga Negara tersebut sepakat untuk meningkatkan kerja sama keamanan atas ancaman nuklir dan rudal Korea Utara di tengah spekulasi bahwa Pyongyang tengah mengadakan uji coba nuklir pertamanya sejak 2017.

Selain itu, Korea Selatan dan AS juga telah menggelar latihan gabungan angkatan udara pascapeluncuran rudal Korea Utara pada Juni lalu.

3. Pertemuan trilateral akan berlangsung di tengah ketegangan hubungan Korea dan Jepang

Menlu Jepang, Korsel, dan AS Rencanakan Pertemuan di Sela G20 Baliilustrasi pertemuan bilateral Jepang dan Korsel (instagram.com/hayashi_yoshimasa)

Hubungan Seoul dan Tokyo saat ini sedang memburuk, karena sejarah masa perang dan perselisihan teritorial.

Presiden Yoon Suk-yeol, dalam beberapa hari terakhir, telah mengambil langkah pertama untuk menyelesaikan perselisihan lama antara kedua negara tersebut. Pada Senin (4/7/2022), telah berlangsung pertemuan di Seoul untuk membahas hubungan bilateral Korea dan Jepang.

Presiden Yoon Suk-yeol juga menekankan perlunya kedua negara untuk bekerja sama mengatasi masalah-masalah yang membekukan hubungan bilateral. 

“Kedua Negara harus melakukan upaya dan menggabungkan kebijaksanaan mereka untuk membangun kemitraan berorientasi masa depan,” kata Yoon kepada Pemimpin Federasi Bisnis Jepang Masakazu Tokura, dilansir The Japan Times.

Mengenai kemungkinan pertemuan bilateral antara menlu Korea Park Jin dan Yoshimasa Hayashi di Bali dikabarkan belum ada keputusan. Sejauh ini, Ahn Eun Ju mengatakan bahwa kemungkinan besar keduanya terlibat pertemuan informal. 

Baca Juga: Fakta-Fakta Krisis Listrik yang Melanda Jepang saat Gelombang Panas

Lusi Parhani Photo Verified Writer Lusi Parhani

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya