Comscore Tracker

Biden Menang Pilpres AS, Kepala Negara Ramai-ramai Ucapkan Selamat

Presiden Macron juga turut ucapkan selamat

Jakarta, IDN Times - Terpilihnya Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat ke-46 pada pilpres Amerika Serikat 2020, telah mendapatkan ucapan selamat dari sejumlah kepala negara lain. Di antaranya Pertanda Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan mantan rekannya yang merupakan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Biden-Harris dinyatakan memenangkan pilpres Amerika Serikat setelah memenuhi batas minimal 270 suara elektoral untuk memenangkan Gedung Putih pada Sabtu (7/11/2020) waktu setempat. Dengan 20 suara elektoral Pennsylvania, Biden sekarang memiliki total 273 suara elektoral dengan Donald Trump meraih 213 suara.

Baca Juga: Biden Menang Pilpres AS, Emmanuel Macron: Mari Bekerja Sama!

1. PM Inggris: Amerika Serikat adalah sekutu terpenting

Biden Menang Pilpres AS, Kepala Negara Ramai-ramai Ucapkan SelamatPerdana Menteri Inggris Boris Johnson (ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville)

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyampaikan ucapan selamatnya kepada Biden-Kamala atas hasil pemilihan presiden Amerika Serikat 2020.

"Selamat kepada Joe Biden atas terpilihnya sebagai Presiden Amerika Serikat dan kepada Kamala Harris atas pencapaian bersejarahnya," ujar Boris lewat akun Twitternya (@BorisJohnson), Minggu.

"Amerika Serikat adalah sekutu terpenting kita dan saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam prioritas bersama kita, dari perubahan iklim hingga perdagangan dan keamanan," ujar dia.

2. PM Kanada berharap bisa kerja sama

Biden Menang Pilpres AS, Kepala Negara Ramai-ramai Ucapkan SelamatPerdana Menteri Kanada Justin Trudeau saat berbicara di World Economic Forum di Davos, Swiss, pada 25 Januari 2018. YouTube/World Economic Forum

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Presiden Amerika Serikat ke-46 Joe Biden dan wakilnya Kamala Harris. Justin mengatakan bahwa Kanada dan Amerika memiliki hubungan unik dan luar biasa di panggung dunia.

Justin memastikan hubungan Kanada dengan negeri Paman Sam terus berjalan baik pada pemerintahan yang baru.

"Kami akan terus membangun di atas dasar ini sambil terus menjaga masyarakat kita aman dan sehat dari dampak pandemik COVID-19 global, dan bekerja untuk memajukan perdamaian dan inklusi, kemakmuran ekonomi, dan aksi iklim di seluruh dunia," ujar Justin dalam keterangan tertulis, Minggu.

“Saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih Biden, Wakil Presiden terpilih Harris, pemerintahan mereka, dan Kongres Amerika Serikat saat kita menangani tantangan terbesar dunia bersama-sama," tambahnya.

3. Presiden Macron juga ucapkan selamat dan siap bekerja sama

Biden Menang Pilpres AS, Kepala Negara Ramai-ramai Ucapkan SelamatANTARA FOTO/Thomas Samson/Pool via REUTERS/djo

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga tak lupa mengucapkan selamat kepada pasangan dari Partai Demokrat itu.

"Selamat Joe Biden dan Kamala Harris! Kita punya banyak hal yang harus dilakukan untuk mengatasi tantangan hari ini. Mari bekerja sama," tulis Macron di Twitter pribadinya Minggu.

4. Presiden Komisi Uni Eropa

Presiden Komisi Uni Eropa, Ursula von de Leyen juga menyampaikan selamat kepada Biden-Harris. Melalui akun Twitternya dia menyebut AS dan Uni Eropa (UE) adalah sekutu.

"Masyarakat kami merasakan koneksi terdalam. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden-terpilih Biden," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Menang Pilpres, Biden Catat Sejarah di Amerika Serikat

Topic:

  • Rochmanudin
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya