Comscore Tracker

MUI Desak Dunia Jatuhkan Sanksi bagi Israel karena Serang Palestina

MUI juga desak OKI untuk ambil langkah responsif

Jakarta, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan seluruh negara untuk menekan dan menjatuhkan sanksi kepada Israel karena menyerang warga Palestina di Masjid Al-Aqsa pada Jumat, 7 Mei 2021 lalu.

"Langkah empati dan konstruktif ini juga bisa dilakukan oleh negara-negara Uni Eropa dan lain-lain," ujar Ketua MUI bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (9/5/2021).

"Secara bersama-sama negara-negara ini bisa melakukan tekanan internasional terhadap Israel melalui PBB. Jika diperlukan, Israel diberi sanksi internasional," ujar Sudarnoto lagi.

Baca Juga: Masjid Al-Aqsa Kembali Diserang Israel, Lebih dari 200 Orang Terluka

1. MUI kecam serangan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina

MUI Desak Dunia Jatuhkan Sanksi bagi Israel karena Serang PalestinaLogo Majelis Ulama Indonesia (MUI) (IDN Times/Mui.or.id)

MUI dengan tegas mengecam tindakan Israel yang menyerang warga Palestina saat bulan Ramadan di Masjid Al-Aqsa.

"MUI mengecam keras tindakan brutal ini," ujar Sudarnoto. "Sudah waktunya negara-negara besar seperti Amerika untuk segera mengambil inisiatif mengingatkan dengan keras Israel untuk menghentikan tindakan-tindakan biadab," lanjut dia.

Menurut Sudarnoto, di bawah kepemimpinan Joe Biden, Amerika punya peluang besar untuk menekan Israel.

2. MUI dorong OKI ambil langkah responsif

MUI Desak Dunia Jatuhkan Sanksi bagi Israel karena Serang PalestinaSeorang pria Palestina berdoa ketika polisi Israel berkumpul selama bentrokan di kompleks yang menampung Masjid Al-Aqsa, yang dikenal oleh muslim sebagai Suaka Mulia dan kepada orang Yahudi sebagai Temple Mount, di tengah ketegangan atas kemungkinan penggusuran beberapa keluarga Palestina dari rumah-rumah di wilayah yang diklaim oleh pemukim Yahudi di lingkungan Sheikh Jarrah, di Kota Tua Yerusalem, Jumat (7/5/2021) (ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad)

Selain itu, MUI juga mendorong Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) agar mengambil langkah responsif. 

Diharapkan OKI bersedia melakukan konsolidasi secara efektif untuk dapat menghentikan pertentangan, dan membangun perdamaian sejati.

"Persatuan negara-negara anggota OKI sangat penting," ujar Sudarnoto.

3. Polisi Israel tembak warga Palestina

MUI Desak Dunia Jatuhkan Sanksi bagi Israel karena Serang PalestinaANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa

Dilansir ANTARA, polisi Israel diketahui menembakkan peluru karet dan granat ke arah pemuda Palestina di Masjid Al-Aqsa Yerusalem pada Jumat, 7 Mei 2021 lalu.

Hal ini terjadi di tengah suasana panas terkait potensi penggusuran warga Palestina dari tanah yang diklaim pemukim Yahudi.

Sebanyak 205 warga Palestina dan 17 petugas menjadi korban luka dalam bentrokan tersebut. Ribuan warga Palestina berhadapan dengan beberapa polisi Israel dan membuat suasana tegang.

Baca Juga: Warga Palestina-Israel Bentrok, 100 Lebih Luka-luka

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya